Oppo Masuk Gelombang Pertama Produksi Ponsel 5G

Kompas.com - 28/01/2018, 12:05 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Qualcomm baru saja mengadakan pertemuan dengan beberapa vendor smartphone China di Beijing, Kamis (25/1/2018) lalu. Oppo sebagai salah satu vendor yang hadir mengaku sedang menggarap smartphone dengan konektivitas 5G.

Menurut CEO Oppo, Tony Chen, Oppo telah tiga tahun melakukan penelitian tentang konektivitas 5G bersama dengan Qualcomm.

Hal tersebut menempatkan Oppo sebagai salah satu dari beberapa pabrikan smartphone (OEM) dunia yang memproduksi smartphone 5G di gelombang pertama.

Selain itu, Chen mengatakan bahwa Oppo kemungkinan bukan yang pertama mengadospi standar 5G, namun menjadi salah dua pabrikan ponsel yang membuat produk berkemampuan 5G.

Chen juga menegaskan, posisi Oppo untuk bergabung dalam proyek awal Qualcomm yakni "5G Pilot" untuk menyukseskan hadirnya smartphone 5G, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Gizmo China, Minggu (28/1/2018).

Era konektivitas 5G memang tengah dinanti pengguna smartphone saat ini. Beberapa bulan lalu, Qualcomm telah merilis persyaratan dan royalti terkait teknologi 5G untuk vendor smartphone.

Baru-baru ini Qualcomm juga sukses menguji coba sistem gelombang radio 5G pertama. Sebelumnya, Samsung juga telah mencoba kecepatan jaringan 5G bergerak menggunakan kereta yang berjalan, di salah satu kota di Korea Selatan.

Baca juga: Samsung Uji Coba Internet 5G di Kereta Berjalan, Hasilnya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.