CEO Google: AI Lebih Penting dari Penemuan Api dan Listrik

Kompas.com - 29/01/2018, 08:16 WIB
Robot ShutterstockRobot
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Keajaiban kecerdasan buatan memicu pendapat bahwa artificial inteligence (AI) bakal menghancurkan masa depan manusia. Namun CEO Google Sundar Pichai berpendapat sebaliknya.

Pada perhelatan World Economic Annual Meeting yang diselenggarakan di Davos, Swiss pekan lalu, Pichai menyatakan AI merupakan teknologi yang sangat penting bagi masa depan kehidupan manusia. Ia bahkan menyebut AI bakal lebih berpengaruh dibandingkan penemuan api atau listrik.

Sejumlah ilmuwan, termasuk Stephen Hawking, menyebutkan bahwa AI berpotensi untuk menghapus eksistensi manusia. Namun bagi Pichai, teknologi adalah teman yang membantu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh dunia.  

"Kapan pun kita berbicara tentang teknologi, yang harus ditekankan adalah memanfaatkan keuntungan sambil meminimalisir kerugian," ujarnya seperti dikutip KompasTekno dari WEForum, Senin (29/1/2018).

Pichai yang berdarah India tersebut lantas menceritakan pengalamannya sebagai contoh.

"Saat beranjak dewasa, kami tidak punya telepon. Lima tahun kemudian saat jaringan telepon masuk di wilayah kami, semuanya berubah lebih baik. Hal tersebut berlaku juga untuk AI," ujarnya.

Meski begitu, pemanfaatan AI di segala aspek kehidupan memang berpotensi menimbulkan berbagai risiko. Untuk itu, Pichai mengajak semua pihak bekerja sama untuk mengawal pemanfaatan teknologi ini dengan melalui sebuah kesepakatan yang setara dengan Persetujuan Paris.

Baca juga : Mantan Pegawai Google Bikin Agama Baru, AI Jadi Tuhan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber WEFORUM
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.