Video Perpisahan Elton John Umbar Nostalgia dan Virtual Reality

Kompas.com - 29/01/2018, 12:30 WIB
Elton John buat video VR sebelum pensiun. DigitalTrendsElton John buat video VR sebelum pensiun.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Penyanyi legendaris Elton John bakal pensiun dari kancah hiburan setelah lebih dari setengah abad berkarya. Untuk merayakannya, ia hendak menggelar tur perpisahan dengan tajuk “Farewell Yellow Brick Road”.

Tur itu berlangsung selama tiga tahun dalam 300 konser, dimulai dari Amerika Serikat pada 8 September 2018 mendatang. Ia akan menghibur para penggemarnya di seluruh dunia untuk terakhir kalinya.

Sebelum memulai tur, Elton John memamerkan sebuah nostalgia perjalanan karirnya dalam video berformat 360 derajat atau kerap disebut realitas virtual (VR). Video diputar perdana dalam sebuah acara di Gotham Hall, New York, Amerika Serikat, beberapa hari lalu.

Sebanyak 100 jurnalis diundang untuk menikmati video berdurasi 5 menit 45 detik ini melalui perangkat Samsung Gear VR. Video tersebut juga disiarkan langsung melalui platform YouTube.

Jika Anda tak sempat menonton kala itu, video masih tersimpan di channel YouTube Elton John di tautan ini. Anda bisa menikmatinya dengan Google Cardboard, Google Daydream, atau perangkat VR apa saja.

Jika tak punya, video juga bisa dinikmati dalam format regular. Cukup gulir ke kanan, kiri, atas, bawah, secara manual untuk menikmati konte video multi-angle tersebut.

Video VR Elton John dibubuhi visual warna-warni bercita rasa fesyen yang unik. Ada cuplikan konser pertama Elton John di Troubadour, New York, pada 1970. Ada juga sisipan konser legendarisnya di Dodgers Stadium pada 1975.


Kala itu memang belum ada teknologi pembidikan VR. Alhasil, video-video lawas Elton John diedit dengan efek spesial yang membuatnya seakan direkam dengan kamera 360 derajat.

Untuk urusan ini, Elton John memercayakan pada studio kreatif “Spinifex”. CEO Spinifex, Ben Casey, mengatakan timnya menggabungkan teknik motion capture dengan Computer-generated Image (CGI).

“Ini adalah salah satu proses yang paling menyenangkan. Kami melakukan penyutingan dengan green screen, lalu kami menyuting Troubadour pada 25 Agustus 2017 lalu. Sementara itu konser sebenarnya telah berlangsung 47 tahun lalu,” ia menuturkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (29/1/2018), dari GSMArena.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.