Atas Permintaan Kominfo, Google Hapus Aplikasi LGBT di Indonesia

Kompas.com - 29/01/2018, 16:16 WIB
Ilustrasi. TelegraphIlustrasi.
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Jejaring sosial Blued menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen sejak akhir 2017 lalu. Aplikasi tersebut dinilai memuat dan mempromosikan konten pornografi yang terafilisasi dengan lesbian, gay, biseksual, dan transgender ( LGBT).

Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) pun memblokir lima domain name server (DNS) layanan Blued pada 12 Oktober 2017. Hal itu dianggap kurang efektif, sebab penyelenggara aplikasi mobile bisa saja berpindah-pindah DNS.

Sebagai tindak lanjutnya, Kominfo pun menyurat ke Google untuk menghapus atau take down aplikasi Blued dari toko aplikasi Play Store. Per Minggu (28/1/2018) kemarin, aplikasi Blued dikatakan tak lagi tersedia di toko aplikasi untuk Android.

Plt Kepala Biro Humas Kominfo, Noor Iza.Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com Plt Kepala Biro Humas Kominfo, Noor Iza.
"Sejak pukul 00.30 dinihari Minggu kemarin, aplikasi Blued sudah tidak tampil di Play Store untuk Indonesia," kata Plt Kepala Biro Humas Kominfo, Noor Iza, Senin (29/1/2018), dalam konferensi pers di Gedung Kominfo, Medan Merdeka, Jakarta.

Bukan cuma Blued, ada 73 aplikasi berkenaan dengan LGBT yang diminta Kominfo untuk diberantas dari Google Play Store.

Hingga kini, kata Noor Iza, sebanyak 14 aplikasi sudah dihapus.

"Blued itu saja ada tiga aplikasinya di Google Play Store, empat belas itu sudah sama Blued," ia menjelaskan.

Pantauan KompasTekno, pencarian "Blued" di Google Play Store memang sudah tak menghasilkan apa-apa. Kendati demikian, toko aplikasi itu bakal langsung mengalihkan pengguna ke aplikasi LGBT lainnya.

Para pengguna iOS di Indonesia juga masih bisa mengakses aplikasi tersebut. Ketika ditanya soal ini, Noor Iza tak bisa memastikan apakah Kominfo sudah menyurat ke Apple atau hanya ke Google.

"Saya belum tahu. Harusnya disurati juga ya, kan sistem operasi ada dua," ia berkilah.

Baca juga : Mengapa Pemerintah Baru Sekarang Hapus Aplikasi LGBT?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X