Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swipe Kanan atau Kiri di Tinder Bisa Diintip Hacker

Kompas.com - 29/01/2018, 18:24 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Aplikasi kencan online, Tinder kembali tersangkut masalah keamanan. Berdasarkan penemuan dari salah satu perusahaan keamanaan yang bermarkas di AS, Checkmarx, hacker disebut dapat mengintip aktivitas pengguna di Tinder. Aktivitas itu termasuk swipe ke kanan atau ke kiri pada profil Tinder.

Meski hanya sekedar mengintip, tetap saja perilaku hacker ini mengganggu privasi bagi pengguna Tinder. Sebab, melalui kegiatan ini, hacker dapat mengetahui gerak gerik dan kebiasaan dari empunya akun. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika ke depannya peretas bisa mengarahkan pemilik akun ke konten berbahaya, hingga pencurian informasi.

Kegiatan peretas mengancam pengguna Tinder tanpa pandang bulu. Baik Tinder yang di-install lewat sistem iOS maupun Android, semua bisa disusupi. Sebab, peretasan ini memanfaatkan kelemahan pada enkripsi HTTPS dari aplikasi tersebut.

Melalui sebuah video YouTube, Checkmark memaparkan bagaimana cara hacker bekerja mengintip aktifitas pengguna Tinder. Pertama, mereka membuat sebuah program bernama TinderDrift.

Program ini mampu menembus ponsel terhubung manapun yang tidak memiliki perlindungan pada enkripsi https.

Ketika program tersebut terhubung oleh ponsel yang tidak terlindungi, hacker dapat melihat aktivitas pengguna Tinder. Tidak hanya itu, peretas bahkan dapat melihat rekam jejak sebelumnya.

Namun pengguna bisa sedikit bernafas lega. Sebab, dengan menggunakan teknik ini, hacker tidak memiliki otorisasi untuk mengakses pesan yang dikirim antar pengguna Tinder. Satu satunya yang dapat dilakukan adalah mengintip kegiatan.

Menanggapi hal tersebut, Tinder enggan berkomentar banyak. Mereka hanya menggelontorkan pernyataan formal bahwa pihaknya selalu mengedepankan privasi dari pengguna.

"Kami menjaga keamanan dan kerahasiaan pengguna kami dengan serius. Kami menggunakan jaringan dan sistem untuk melindungi integritas platform kami," tulis perwakilan Tinder pada pernyataan yang dikutip KompasTekno dari Engadget, Senin (29/1/2018).  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com