2018, Apple Siapkan Komputer Mac dan MacBook dengan Chip Khusus?

Kompas.com - 30/01/2018, 10:19 WIB
MacBook Pro baru dilengkapi Touch Bar AppleMacBook Pro baru dilengkapi Touch Bar
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Semakin lama Apple semakin banyak menerapkan chip rancangan sendiri di produk-produk gadget besutannya, termasuk seri komputer Mac.

MacBook Pro high-end yang dirilis pada 2016 diketahui memiliki chip khusus bikinan Apple untuk menjalankan fungsi Touch Bar dan Touch ID. Lalu iMac Pro yang diperkenalkan pada akhir 217 juga dibekali custom chip untuk menangani pemrosesan kamera, audio, dan ekripsi.

Apple agaknya belum bakal berhenti sampai di situ. Sebuah laporan menyebutkan bahwa pabrikan berlambang buah Apple tergigit itu sedang menyiapkan setidaknya tiga model komputer Mac yang dilengkapi custom co-processor bikinannya.

Keterangan sumber yang dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Selasa (30/1/2018) mengatakan bahwa ketiga komputer Mac dimaksud terdiri dari model desktop dan laptop, serta direncanakan meluncur tahun 2018 ini.

Di dunia gadget, Apple telah mulai menggunakan chip buatan sendiri berupa sytem-on-chip (SoC) yang tertanam di jantung iPhone sejak iPhone 4 tahun 2010.

Apple lantas mulai menambah prosesor tambahan (co-processor) buatan sendiri untuk mengerjakan tugas spesifik dengan lebih efisien sekaligus meringankan beban prosesor utama, misalnya Motion co-Processor seri M yang mulai diterapkan pada SoC A7 milik iPhone 5S pada 2013.

Terakhir, SoC A11 Bionic yang tertanam di iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X untuk pertama kalinya turut ditemani oleh chip grafis (GPU) rancangan Apple sendiri, berikut sebuah Neural Engine, yakni prosesor khusus untuk menangani pemrosesan artificial intelligence.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Komputer-komputer Mac sendiri hingga sekarang masih menggunakan prosesor buatan Intel sebagai pusat pengolahan utama. Sementara, aneka chip buatan Apple disertakan sebagai tambahan untuk mengolah tugas-tugas lain yang lebih spesifik.

Ke depan, bukan tidak mungkin Apple melangkah semakin dekat untuk akhirnya menggunakan prosesor utama buatannya sendiri di lini komputer Mac.

Baca juga : 10 Tahun Lalu, Steve Jobs Pamerkan Laptop dari Amplop Coklat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.