Kompas.com - 01/02/2018, 08:25 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Aplikasi berbagi foto dan video, Instagram baru saja merilis fitur baru pada update versinya, yakni Scheduled atau fitur jadwal posting-an. Sesuai namanya, fitur tersebut memungkinkan pengguna mengatur jadwal kapan foto atau video akan diunggah.

Namun, fitur penjadwalan posting-an ini baru tersedia untuk Instagram versi bisnis. Artinya, untuk menggunakan fitur atur jadwal pada Instagram, pengguna harus terdaftar sebagai pelanggan berbayar.

Dengan adanya fitur ini, pengguna Instagram bisnis tak perlu lagi melakukan postingan berkala secara real time. Sebab fitur atur jadwal upload foto Instagram memungkinkan pelanggan berbayar dapat menumpuk kontennya terlebih dahulu sebelum posting. Dengan begitu, waktu yang digunakan pemilik bisnis untuk merancang konten bisa diatur se-efisien mungkin.

Fitur atur jadwal sebelumnya tidak tersedia untuk Instagram. Hanya saja, pengguna dapat mengakalinya dengan memasukkan atau menambah foto menuliskan caption tanpa menekan tombol posting.

Baca juga: 7 Tips Memotret untuk Instagram dengan Smartphone

Setelah itu, Instagram akan memperingatkan penggunanya bahwa ia memiliki sebuah foto yang belum selesai di-posting. Saat waktu yang diinginkan tiba, barulah pengguna bisa menekan tombol post di Instagram secara manual.

Meski baru tersedia untuk pengguna Instagram bisnis, Instagram menjanjikan jadwal ini dapat digunakan oleh seluruh pelanggannya. Dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (1/2/2018), fitur atur jadwal akan tersedia untuk pengguna Instagram versi reguler pada awal 2019.

Selain fitur atur jadwal, pembaruan di Instagram bisnis termasuk update Graph API yang digunakan utuk melihat infografis dari akun yang dikelola.

Pada versi lama, Graph API hanya dapat digunakan untuk melihat info dan profil dari akun yang dikelola oleh pemilik bisnis. Pada versi terbaru, pemilik bisnis dapat membandingkan  profilnya dengan akun pemilik bisnis lain.

Sebelum diterapkan pada Instagram, fitur atur jadwal posting telah tersedia di Facebook. Sama seperti yang dilakukan oleh instagram, fitur ini hanya tersedia untuk halaman fanpage. Sedangkan untuk pengguna reguler Facebook, fitur ini belum tersedia.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.