Kompas.com - 01/02/2018, 11:53 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Redmi 5 dan Redmi 5 Plus adalah duo smartphone entry-level baru Xiaomi yang diperkenalkan pada awal Desember 2017 lalu. Tak lama berselang, muncul indikasi bahwa keduanya bakal segera dipasarkan di Indonesia.

PT Erajaya Swasembada Tbk selaku distributor produk-produk smartphone Xiaomi di Indonesia telah memperoleh sertifikat pemenuhan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) untuk Redmi 5 dan Redmi 5 Plus.

Dalam detil sertifikat yang tercantum di situs Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian, disebutkan bahwa Redmi 5 dengan kode perangkat MI MDG1 dan Redmi 5 Plus dengan kode perangkat MI MEG7 masing-masing telah memenuhi kadar TKDN sebesar 30,3 persen.

Kadar TKDN setidaknya 30 persen adalah salah satu syarat yang mesti dipenuhi produk ponsel 4G sebelum bisa dipasarkan di Indonesia.

Sertifikat lolos TKDN untuk Redmi 5 Plus di situs Kemenperin. tkdn.kemenperin.go.id Sertifikat lolos TKDN untuk Redmi 5 Plus di situs Kemenperin.

Syarat lainnya adalah lolos tes balai uji Direktorat Jenderal Sumber Daya dan perangkat Pos dan Telematika (Ditjen SDPPI). Namun, berdasarkan pantauan KompasTekno, Kamis (1/2/2018), Redmi 5 dan Redmi 5 Plus belum nongol di halaman “sertifikat berlaku” di situs Ditjen SDPPI.

Redmi 5 dan Redmi 5 Plus adalah duo smartphone kelas budget dari Xiaomi yang sudah dibekali layar berbingkai tipis dengan aspect ratio 18:9.

Soal spesifikasi, Redmi 5 memliki layar 5,7 inci, chip Snapdragon 450, kombinasi RAM dan storage 2GB/ 16 GB atau 3 GB/ 32 GB, baterai 3.300 mAh, kamera 12 megapiksel dan 5 megapiksel, pemindai sidik jari, dan OS Android 7.1.2 Nougat.

Belakangan Xiaomi juga diketahui telah meluncurkan varian Redmi 5 dengan RAM  4 GB. (Baca juga : Xiaomi Resmikan Redmi 5 dengan RAM 4 GB)

Sementara, Redmi 5 Plus memiliki layar berukuran lebih besar, mencapai 5,99 inci. Jeroannya juga lebih mumpuni, yakni chip Snapdragon 625, kombinasi RAM dan storage 3GB/ 32 GB atau 4 GB/ 64 GB, baterai 4.000 mAh, serta kamera 12 megapiksel dan 5 megapiksel.

Di pasaran internasional, Redmi 5 dijual mulai 120 dollar AS (Rp 1,6 jutaan) hingga 135 dollar AS (Rp 1,8 jutaan). Redmi 5 Plus dibanderol lebih tinggi, mulai 150 dollar AS (Rp 2 jutaan), hingga 195 dollar AS (Rp 2,6 jutaan).

Baca juga : Ini Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.