Pertama Kali, Jumlah Pengguna Harian Facebook Turun

Kompas.com - 01/02/2018, 15:05 WIB
Ilustrasi Facebook The telegraphIlustrasi Facebook
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Seiring waktu berjalan, jumlah pengguna aktif harian Facebook biasanya selalu mengalami kenaikan. Namun, dalam laporan keuangan kuartal IV-2017, untuk pertama kalinya terjadi penurunan. Hal ini khusus terjadi di wilayah Amerika Serikat (AS) dan Kanada yang menjadi pasar penting.

Jumlah pengguna aktif harian (daily active users/DAU) jejaring sosial tersebut di AS dan Kanada berada di angka 184 juta untuk kuartal IV-2017. Sedangkan, pada kuartal sebelumnya, dua negara tersebut masih memiliki 185 juta DAU.

Penurunan tersebut tampak kontras dibandingkan kuartal-kuartal terdahulu yang selalu menunjukkan peningkatan jumlah DAU. Tak jelas apa yang mengakibatkan turunnya angka DAU Facebook di AS dan Kanada.

Grafik pengguna aktif harian Facebook menunjukkan penurunan di kuartal 4 2017.Facebook Grafik pengguna aktif harian Facebook menunjukkan penurunan di kuartal 4 2017.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Recode, Kamis (1/2/2018), beberapa tahun belakangan Facebook memang ramai didera isu maraknya peredaran berita palsu, khususnya terkait kampanye presiden AS dan intervensi Rusia lewat jejaring sosial.

CEO Mark Zuckerberg sendiri berujar bahwa pihaknya berusaha membuat pengguna agar tak terlalu banyak menghabiskan waktu di Facebook. Caranya, menurut Zuckerberg, antara lain adalah dengan mengubah algoritma news feed agar menampilkan lebih sedikit video viral.

Wilayah AS dan Kanada menyumbang pendapatan per pengguna (ARPU) terbesar untuk Facebook, mencapai kisaran 26,76 dollar AS atau naik 35 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.


Perubahan arah yang dilakukan oleh Facebook diperkirakan bakal menurunkan angka pendapatan. Sebagian besar penghasilan Facebook berasal dari iklan. Sementara, jumlah penayangan iklan berbanding lurus dengan waktu yang dihabiskan pengguna di jejaring sosial tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di luar AS dan Kanada, jumlah pengguna Facebook secara keseluruhan tercatat kembali mengalami kenaikan pada kuartal IV-2017. Facebook kini memiliki DAU sebanyak 1,4 miliar di seluruh dunia, meningkat 2,18 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Recode
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.