Cara Merapikan Posting-an Instagram Tanpa Menghapus

Kompas.com - 01/02/2018, 19:43 WIB
Instagram Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comInstagram
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pengguna Instagram kadang ingin merapikan tampilan feed  di halaman Profil mereka. Alasanya bisa jadi demi personal branding digital atau memang ingin menghapus foto-foto yang tidak lagi relevan atau diinginkan.

Banyak yang berusaha menghapus "aib" di beberapa foto yang diunggah saat awal menggunakan Instagram, termasuk foto-foto dengan filter-filter baru yang pada jamannya menjadi "hits" namun terbilang "jadul" untuk sekarang.

Memang, di awal kemunculannya Instagram hanya memberikan opsi hapus untuk menghilangkan jejak foto seperti itu. Namun sekarang Instagram menawarkan opsi lain untuk menyembunyikan foto-foto yang "menghalangi" tampilan feed profil Instagram lebih menawan.

Opsi tersebut berupa fitur Arsip (Archieve) yang dirilis pertengahan 2017 lalu. Seperti namanya, fitur ini bekerja seperti kotak penyimpanan untuk memindahkan kiriman tertentu, termasuk Instagram Stories pemilik akun.

Baca juga: Foto di Instagram Bakal Bisa Dibangkitkan Kembali

Caranya pun mudah, pilih kiriman, bisa berupa foto atau video. Lalu klik tiga titik di pojok kanan atas hingga muncul pop-up pilihan "Arsip" (Archieve).

Fitur Baru di Instagram Stories Arsip dan Sorot Tech Crunch Fitur Baru di Instagram Stories Arsip dan Sorot
Dengan begitu, foto akan berpindah dari laman Profil ke kotak arsip, lengkap dengan jumlah penyuka (like) dan komentar yang tetap utuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Begini Cara Pasang GIF di Instagram Stories

Jika merasa foto tersebut sangat perlu untuk dipublikasikan lagi, pengguna bisa mengembalikan foto ke tempat semula.

Caranya, klik ikon jam di laman Profil yang terletak di bagian atas, kemudian pilih "kiriman diarsipkan" (Posts Archieve) dan pilih foto yang ingin ditampilkan kembali. Pilih "tampilkan di profil" (show in profile) pada pop-up.

Secara otomatis, foto akan kembali ke laman Profile secara utuh tanpa menghilangkan jumlah like dan komentarnya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Life Wire, Kamis (1/2/2018).

Tak hanya foto atau video, fitur Arsip juga bisa memperpanjang umur Instagram Stories yang sedianya hanya 24 jam.

Cukup buka profil Instagram, kemudian klik tiga titik di pojok kanan atas. Gulir kebawah hingga menemukan opsi "pengaturan cerita" (Story setting). Pada opsi "menyimpan" (Saving) aktifkan pilihan "simpan ke arsip" (Save to Archieve).

Baca juga: Cara Lihat Instagram Stories Tanpa Ketahuan

Maka stories Anda akan bisa dilihat berulang kali tanpa khawatir akan hilang setelah 24 jam. Cara melihat Stories yang diarsipkan pun sama seperti membuka arsip kiriman. Kemudian pilih opsi "arsip cerita" (Stories Archieve). Stories akan muncul beserta tanggal stories tersebut dibuat.



Sumber Life Wire
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.