Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui "Delay" Penerbangan dari Google

Kompas.com - 02/02/2018, 08:53 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com — Google Flights pada mesin pencari Google dibubuhi kemampuan baru untuk mendeteksi potensi penundaan penerbangan alias delay. Penumpang pesawat bisa mempersiapkan diri dan mental lebih awal sebelum menghadapi ketidaknyamanan tersebut.

Adapun informasi delay tak berasal dari maskapai penerbangan. Google Flights menganalisanya sendiri menggunakan rekam jejak dan algoritma machine learning yang canggih.

Google sesumbar informasi delay bakal lebih duluan tertera pada layanan Flights ketimbang maskapai yang bersangkutan. Informasi delay bakal dibagi jika Google sudah yakin 80 persen atas prediksinya.

Lantas bagaimana cara mengetahui jadwal delay di Google Flights? Anda cukup memasukkan nomor penerbangan, nama maskapai, dan rute perjalanan (dari mana ke mana), pada laman mesin pencari Google, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (2/2/2018), dari TechCrunch.

Baca juga: Google Flights, Layanan Pesan Tiket Pesawat Resmi Hadir di Indonesia

Informasi delay akan muncul pada hasil pencarian. Jika jadwal diprediksi tepat waktu, antarmuka menampilkan label berwarna hijau. Sementara jika delay, labelnya menjadi merah.

Alasan penyebab delay juga terakomodasi pada Google Flights. Misalnya, karena hal-hal lumrah seperti cuaca atau kedatangan pesawat yang tak sesuai jadwal.

Meski demikian, prediksi bisa saja salah. Google Flights tak bisa dijadikan rujukan satu-satunya hingga maskapai benar-benar mengonfirmasi.

Selain informasi delay, Google Flights juga diperbarui dengan fitur informasi mendalam soal tiket yang dibeli. Tiket murah biasanya menjadi pilihan para backpacker, tetapi mereka tak tahu banyak soal batasan yang ditetapkan maskapai.

Google Flights akan menampilkan batasan-batasan terkait tiket murah yang Anda beli. Misalnya, batasan dalam memilih tempat duduk, biaya tambahan untuk bagasi, dan sebagainya.

Selamar mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com