Cara Mengetahui "Delay" Penerbangan dari Google

Kompas.com - 02/02/2018, 08:53 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Google Flights pada mesin pencari Google dibubuhi kemampuan baru untuk mendeteksi potensi penundaan penerbangan alias delay. Penumpang pesawat bisa mempersiapkan diri dan mental lebih awal sebelum menghadapi ketidaknyamanan tersebut.

Adapun informasi delay tak berasal dari maskapai penerbangan. Google Flights menganalisanya sendiri menggunakan rekam jejak dan algoritma machine learning yang canggih.

Google sesumbar informasi delay bakal lebih duluan tertera pada layanan Flights ketimbang maskapai yang bersangkutan. Informasi delay bakal dibagi jika Google sudah yakin 80 persen atas prediksinya.

Lantas bagaimana cara mengetahui jadwal delay di Google Flights? Anda cukup memasukkan nomor penerbangan, nama maskapai, dan rute perjalanan (dari mana ke mana), pada laman mesin pencari Google, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (2/2/2018), dari TechCrunch.

Baca juga: Google Flights, Layanan Pesan Tiket Pesawat Resmi Hadir di Indonesia

Informasi delay akan muncul pada hasil pencarian. Jika jadwal diprediksi tepat waktu, antarmuka menampilkan label berwarna hijau. Sementara jika delay, labelnya menjadi merah.

Alasan penyebab delay juga terakomodasi pada Google Flights. Misalnya, karena hal-hal lumrah seperti cuaca atau kedatangan pesawat yang tak sesuai jadwal.

Meski demikian, prediksi bisa saja salah. Google Flights tak bisa dijadikan rujukan satu-satunya hingga maskapai benar-benar mengonfirmasi.

Selain informasi delay, Google Flights juga diperbarui dengan fitur informasi mendalam soal tiket yang dibeli. Tiket murah biasanya menjadi pilihan para backpacker, tetapi mereka tak tahu banyak soal batasan yang ditetapkan maskapai.

Google Flights akan menampilkan batasan-batasan terkait tiket murah yang Anda beli. Misalnya, batasan dalam memilih tempat duduk, biaya tambahan untuk bagasi, dan sebagainya.

Selamar mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechCrunch

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.