Kompas.com - 05/02/2018, 11:27 WIB
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com — Ponsel biasanya dianggap sebagai perangkat "sekali pakai". Sebab, ketika sudah ketinggalan zaman, perangkat tersebut langsung dipensiunkan alias tidak dipakai lagi. Sebagai gantinya, pengguna ponsel akan membeli seri terbaru yang sesuai dengan tren masa kini.

Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk tujuh jenis ponsel klasik ini. Sebab, meski ponsel tersebut terbilang ketinggalan zaman, banyak kolektor yang memburu mereka. Alih-alih mengalami penurunan, ketujuh ponsel justru berbanderol mahal, bahkan lebih tinggi dibandingkan harga aslinya ketika pertama beredar di pasaran. 

Lantas, ponsel jadul apa saja yang dianggap kolektor sebagai barang antik berharga sehingga pantas ditebus dengan harga tinggi? Simak dalam daftar yang dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (1/2/2018) berikut.

Nokia 8110

NokiaNokia Nokia

Secara visual, ponsel ini tampak seperti ponsel nokia generasi awal populer pada umumnya. Memiliki ukuran besar, dilengkapi antena, tombol angka, dan layar monokrom. Namun, siapa sangka ia sekarang punya harga yang setara dengan smartphone keluaran baru.

Di eBay masih tersedia Nokia 8110 dalam kondisi masih berada dalam kotak tersegel yang dihargai 500 dollar AS (sekitar Rp 6,8 juta). Versi bekasnya dihargai sekitar 55-200 dollar AS (sekitar Rp 738.000 sampai Rp 2,6 jutaan ).

Nokia 8110 pertama kali dirilis tahun 1996. Bodinya yang berbentuk silinder dan setengah melengkung menyebabkan ponsel ini dijuluki "ponsel pisang". Belum lagi desainnya yang dilengkapi dengan penutup tombol model slider buka-tutup membuatnya sebagai ponsel kekinian kala itu.

Ponsel ini semakin populer ketika digunakan oleh film The Matrix sebagai properti. Pada salah satu seri Matrix terdapat scene yang memunculkan Neo (Keanu Reves) mengangkat panggilan melalui Nokia 8110 yang berada dalam kotak dengan cara membuka penutup tombolnya.

Motorola DynaTAC

Ponsel ini bisa dibilang "leluhur" ponsel komersial masa kini. Diciptakan oleh pencipta ponsel Martin Cooper kisaran tahun 1973, perangkat ini merupakan telepon genggam pertama yang berhasil melakukan panggilan.

DynaTac menjadi ponsel komersial pertama yang ada di pasaran sekitar tahun 1984. Ukurannya yang sebesar batu bata menjadikan ponsel genersi pertama ini dijuluki "Goliath".

Ponsel DynaTac yang masih bisa berfungsi ini dihargai sekitar 500 dollar AS (Rp 6,8 jutaan).  Hanya saja, jika dulu digunakan untuk alat komunikasi, sekarang ponsel ini dibeli kolektor untuk melengkapi koleksi pribadi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.