Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Pengguna iPhone X Mengeluh Tak Bisa Angkat Telepon

Kompas.com - 06/02/2018, 17:33 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com - iPhone X adalah smartphone termahal yang pernah dibuat Apple. Namun, perangkat berbanderol belasan juta rupiah ini pun rupanya bisa terkena masalah yang terbilang sangat mendasar untuk sebuah ponsel, yakni tidak bisa menerima panggilan.

Keluhan mengenai hal tersebut belakangan mulai mengemuka. Jumlah pemilik perangkat yang bermasalah disinyalir cukup signifikan. Di forum resmi Apple saja, hingga 4 Februari sudah ada hampir 800 aduan.

Para pengguna perangkat yang bermasalah ini mengatakan layar iPhone X tak bereaksi ketika ada panggilan masuk. Akibatnya, mereka tidak bisa menjawab telepon dengan menekan tombol virtual yang seharusnya muncul di layar.

"Saya mendengar ringtone ponsel berbunyi, tapi layar tidak berubah ke mode telepon," keluh seorang pengguna di forum Apple. "Bukan hanya tidak bisa mengangkat telepon, saya pun tak tahu siapa yang menelepon."

Kadangkala, layar iPhone baru menampilkan mode telepon setelah panggilan masuk berdering selama 6 hingga 10 detik. Jeda waktu ini bisa membuat orang yang menelepon membatalkan panggilannya apabila tak kunjung diangkat.

Sebagaimanan dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (6/2/2018), masalah yang dijuluki "bug panggilan masuk ini" sebenarnya sudah mulai ditemukan sekitar sebulan pasca rilisnya iPhone X, atau sekitar Desember lalu.

Baca juga: iPhone X Bisa “Lemot” Mendadak Saat Kedinginan

Masalahnya bisa dihilangkan dengan mematikan ponsel lalu menghidupkannya lagi, tapi hanya untuk sementara karena sang bug lekas kembali. Melakukan reset atau memperbarui software hingga iOS versi 11.2.5 terbaru pun gagal memberi solusi.

Apple sudah mengetahui soal bug panggilan masuk dan sedang melakukan penyelidikan. Belum jelas pula apa penyebab di baliknya, apakah berkaitan dengan software, hardware, atau kombinasi keduanya.

Sebelumnya, pada November, iPhone X sempat terkena masalah lain berupa layar yang tidak responsif ketika ponsel dipakai di suhu dingin. Ketika itu Apple lekas memberikan perbaikan berupa update software. Semoga saja masalah kali ini juga bisa diatasi dengan pembaruan OS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com