Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teka-teki Lukisan Berisi Bitcoin Ini Akhirnya Berhasil Dipecahkan

Kompas.com - 06/02/2018, 19:43 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Teka-teki berisi kode akses sebuah wallet bitcoin berhasil dipecahkan. Uniknya, puzzle tersebut disisipkan dalam bentuk sebuah lukisan.

Waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan misteri di balik lukisan tersebut terbilang cukup lama, yakni sekitar tiga tahun setelah diciptakan sebagai tantangan terbuka oleh dua seniman, yakni Rob Myers dan seorang lain dengan pseudonim @coin_artist.

Lukisan berjudul "TORCHED H34R7S" ini pertama kali dipublikasikan di awal tahun 2015 dan akhirnya bisa dipecahkan minggu lalu. Nilai bitcoin di wallet yang sengaja disiapkan sebagai hadiah mencapai 50.000 dolar AS (sekitar Rp 714 juta) pada saat brankas digital tersebut berhasil diakses oleh si pemecah teka-teki.

Tidak disebutkan siapa yang berhasil menguak misteri lukisan tersebut. Namun berdasarkan informasi yang dihimpun KompasTekno dari BBC, Selasa (6/2/2018), hadiah itu diklaim oleh seorang programmer berusia 30 tahun yang enggan disebut namanya.

Di sekeliling lukisan terdapat lidah-lidah api aneka warna dengan ukuran beraneka rupa, juga gambar kunci yang dibalut beberapa pita. Di kedua elemen inilah sang seniman menyelipkan kode akses dalam bentuk bilangan biner (angka "0" dan "1").

Warna dan bentuk masing-masing lidah api mewakili bilangan biner untuk dikompilasi dengan operasi XOR (exclusive or), menggunakan cipher alias kunci dari pita-pita di gambar kunci yang merepresentasikan bilangan biner pula.

Setelah urutan biner yang terdapat pada lukisan berhasil di pecahkan, programmer tersebut kemudian mengkonversinya dengan program komputer menjadi private key dompet bitcoin berisi rangkaian 52 karakter huruf dan angka.

Pemecahan sandi bitcoin dengan cara unik sebetulnya tidak terjadi kali ini saja. Januari lalu, seorang mahasiswa PhD di Belgia berhasil memecahkan sandi dari dompet bitcoin yang ketika itu bernilai 0.000 dolar AS (sekitar Rp 142 juta ) dengan cara memecahkan kode yang terdapat pada untaian DNA sintetis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com