Kompas.com - 07/02/2018, 15:12 WIB
Bocoran gambar dari Evan Blass, Venture Beat, yang diduga memperlihatkan sosok asli Galaxu S9 (kiri) dan Galaxy S9 Plus. Venture BeatBocoran gambar dari Evan Blass, Venture Beat, yang diduga memperlihatkan sosok asli Galaxu S9 (kiri) dan Galaxy S9 Plus.

KOMPAS.com - Samsung diprediksi akan merilis duo smartphone andalannya anyarnya, Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus pada 25 Februari nanti. Kedua ponsel tersebut kabarnya bakal menjadi model terakhir dari seri flagship Galaxy S.

Rumor yang beredar menyebutkan bahwa Galaxy S9 tak akan disusul oleh kemunculan Galaxy S10 pada 2019 mendatang. Tapi ini bukan berarti riwayat Galaxy S bakal tamat, karena seri tersebut disinyalir sekadar akan berganti nama menjadi "Galaxy X".

Skema penamaan model ini mirip dengan gaya Apple yang melompati "iPhone 9" lewat peluncuran iPhone X, mengganti sistem bilangan asli dengan format angka Romawi "X" (sepuluh), alih-alih angka "10".

Layaknya iPhone X pula , akhiran "X" pada Galaxy X kabarnya dibaca "ten", sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BGR, Rabu (7/2/2018).

Julukan "Galaxy X" selama ini sudah sering dipakai untuk menyebut calon perangkat ponsel berlayar lipat dari Samsung. Namun, Samsung sendiri masih belum memberikan pengumuman resmi mengenai perangkat tersebut sehingga nama "Galaxy X" bisa saja disematkan ke ponsel lain.

Baca juga : Ini Bocoran Tampilan Ponsel Lipat Samsung Galaxy X

Kemungkinan lain, boleh jadi "Galaxy X" si ponsel berlayar lipat dan "Galaxy X" penerus Galaxy S9 sebenarnya merupakan perangkat yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dugaan diatas menimbulkan sedikit keanehan tentang nasib flagship seri Note. Jika diingat, Samsung melewatkan Galaxy Note 6 dengan langsung meluncurkan Galaxy Note 7 setelah Galaxy Note 5.

Samsung melakukan hal tersebut karena ingin menyelaraskan nomor generasi seri Galaxy S dan Galaxy Note. Kedua seri perangkat kini sama-sama mengusung angka "8" (Galaxy S8 dan Galaxy Note 8) sehingga terdengar janggal apabila Samsung ingin kembali mengubah skema penomoran tersebut. 

Jadi, jika Galaxy S benar dihapus, apakah  seri Galaxy Note juga akan diubah dengan akhiran "X" demi kembali menyelaraskan dengan Galaxy X? Apakah Samsung memiliki format penamaan model lain atau tetap mempertahankan nomor generasi seperti sebelumnya? Kita lihat saja, sambil menanti kejutan resmi dari Samsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber bgr
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.