Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Galaxy Lawas Bakal Kebagian Update Oreo?

Kompas.com - 09/02/2018, 07:29 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung telah mengembangkan pembaruan sistem operasi Android Oreo untuk duo Galaxy S8 dan S8 Plus sejak awal November 2017 lalu. Akses untuk program betanya telah berakhir dan tinggal menunggu waktu untuk perilisan resminya.

Selanjutnya, sumber dalam mengatakan Samsung sedang menggarap Android Oreo untuk lini-lini lawas keluaran 2017. Masing-masing adalah Galaxy S7, Galaxy S7 Edge, Galaxy A3 (2017), Galaxy A5 (2017), serta tablet Galaxy Tab S3.

Belum jelas apakah Samsung juga akan membawa Android Oreo ke seri yang lebih lama lagi. Beberapa orang memprediksi Galaxy S6 akan turut mendapat pembaruan sistem operasi, meski belum ada yang bisa memastikan.

Jika benar, agaknya pengguna Galaxy S6 harus lebih sabar menanti. Pasalnya, Android Oreo untuk Galaxy S8 dan S8 Plus saja belum juga diluncurkan.

Desas-desus menyebut pengguna Galaxy S8 dan S8 Plus bisa segera menikmati Android Oreo di perangkatnya sekitar Februari 2018 mendatang. Samsung masih enggan berkomentar.

Yang jelas, pada 4 Januari lalu, seri Galaxy S8 telah menggenggam sertifikasi dari Wi-Fi Alliance. Sertifikasi itu dibutuhkan sebagai salah satu syarat untuk merilis pembaruan sistem operasi, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (9/2/2018), dari PhoneArena.

Melihat ke rekam jejaknya, pengembangan Android Oreo untuk lini Samsung sama dengan pengembangan Android Nougat. Secara total, ada lima pembaruan untuk versi beta baru diluncurkan versi publiknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com