Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Boyong TV 8K ke Indonesia, Harga Kisaran Rp 130 Juta

Kompas.com - 09/02/2018, 11:10 WIB
Reza Wahyudi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

ROMA, KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pada awal Januari lalu, televisi 8K besutan Samsung segera masuk ke Indonesia. TV berteknologi QLED ini merupakan perangkat televisi pertama Samsung yang memiliki resolusi 8K (delapan kali Full HD).

Samsung pertama kali memperkenalkan TV QLED 8K seri Q9S ini pada ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2018 di Las Vegas, AS.

Televisi dengan resolusi 7.680 x 4.320 piksel ini dijanjikan masuk ke Indonesia pada pertengahan 2018 ini. Terdapat empat ukuran layar, yaitu 85, 82,75, dan 65 inci.

"Tidak semua ukuran masuk Indonesia. Kemungkinan besar yang kita bawa ke Indonesia adalah ukuran 82 inci," ujar Ubay Bayanudin, Senior Product Marketing Manager TV and Audio Visual Samsung Electronics Indonesia kepada KompasTekno di sela-sela Samsung Forum di Roma, Italia, Kamis (8/2/2018).

TV QLED 8K Samsung ini bakal dijual pada kisaran harga 30.000 dollar AS (sekitar Rp 410 juta) untuk ukuran 85 inci. Banderol ini merupakan patokan harga untuk pasar global.

"Yang 82 inci kira-kira ada di 10.000 dollar AS (sekitar Rp 136 juta). Yang masuk Indonesia maksimun ukuran ini, tapi harganya belum pasti," ujar Ubay.

Televisi 8K Samsung direncanakan masuk ke pasar Indonesia mulai April hingga Juni 2018. Ubay mengatakan, jadwal pastinya sedang didiskusikan dengan kantor pusat Samsung.

Untuk kontennya sendiri, Samsung mengakui belum banyak video resolusi 8K yang tersedia, khususnya di Indonesia. Namun, Samsung tetap percaya diri memboyong TV 8K ini ke Tanah Air tanpa menunggu ketersediaan kontennya.

"Segmen konsumen TV 8K ini sangat segmented. Mereka biasanya sering bepergian, mereka bisa membawa kontennya dari luar negeri," ujar Ubay.

Sebagai informasi, saat ini belum ada konten video berbasis 8K yang ditawarkan penyedia layanan kabel TV di pasar global sekali pun. Begitu juga untuk video 8K di keping cakram Blu-ray.

Yang menarik, TV QLED 8K Samsung memiliki kemampuan mengubah video resolusi rendah menjadi berkualitas 8K. Konversi video tersebut menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI)

Video berkualitas SD, Full HD, dan 4K secara otomatis akan langsung ditingkatkan resolusinya. Caranya dengan meningkatkan kecerahan dan kontrasnya, serta disamarkan menggunakan filter yang paling optimal.

Teknologi konversi berbasis AI ini dibangun dengan mempelajari jutaan video. AI menganalisis koleksi video tersebut berdasarkan jenisnya untuk membangun sebuah basis data. Dari situ, sistem bisa melakukan peningkatan kualitas video-video beresolusi rendah.

Samsung memang bukan perusahaan pertama yang meluncurkan televisi 8K. Sebelumnya, Sharp sudah lebih dulu merilis TV Aquos 8K pada September 2017. Namun, Samsung meyakini pasar televisi 8K baru akan berkembang pada tahun 2018 ini setelah mereka ikut berkecimpung ke pasar.

Pangsa pasar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com