Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesaing Wikipedia Dapat Kucuran Dana Rp 409 Miliar

Kompas.com - 10/02/2018, 09:53 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kompetitor Wikipedia bernama Everipedia dikabarkan mendapat kucuran dana sebesar 30 juta dollar AS atau sekitar Rp 409 miliar. Everipedia layaknya Wikipedia, sama-sama mengembangkan ensikolopedia berbasis online.

Dana tersebut berasal dari Galaxy Digital milik Mike Novograts. Menurut co-founder Everipedia, Sam Kazemian, dana tersebut akan digunakan untuk membiayai protokol blokchain yang sedang mereka kembangkan.

Protokol dibuat untuk token digital seperti token ethereum yang nantinya menjadi kunci backend dari Everipedia. Token-token tersebut akan diberikan kepada pemegang EOS, sebuah platform desentralisasi untuk mata uang virtual.

Pemegang token akan mendapatkan beberapa akses seperti menulis artikel di Everipedia, mengawasi aktivitas situs, dan memperbarui artikel.

Protokol blockchain ini membuat proses penyuntingan artikel lebih transparan. Ketika akan menyunting artikel, pemegang token harus memberikan sedikit jaminan untuk menghindari penyuntingan artikel yang meragukan.

Jadi, jika artikel yang disunting tidak valid, pemegang token harus merelakan jaminan ang digitalnya tersebut. Pemegang token juga memiliki hak suara untuk memilih apa yang ingin ditambahkan di situs Everipedia.

Skema protokol blockchain ini pertama kali dibuat oleh Galaxy Digital, sebuah pasar bank baru yang baru saja dirilis Mike Novograts.

"Kami senang mendukung Everipidia dan melihat perkembangan ensiklopedia yang lebih modern dan inklusif yang membawa pengetahuan dunia ke blockchain", jelas Novograts, seperti KompasTekno rangkum dari Business Insider, Jumat (9/2/2018).

Baca: Turki Blokir Wikipedia, Ada Apa?

Everipedia telah memiliki tiga juta pengunjung situs tiap bulan, dan mengoleksi lebih dari enam juta artikel. Jumlah ini masih kalah jauh dari Wikipedia yang memiliki 40 juta artikel dari 293 bahasa.

Pada tahun 2014, Wikipedia yang merupakan lembaga non-profit menerima bitcoin sebagai donasi berkat kerja sama dengan Coinbase.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com