Kompas.com - 10/02/2018, 09:53 WIB

KOMPAS.com - Kompetitor Wikipedia bernama Everipedia dikabarkan mendapat kucuran dana sebesar 30 juta dollar AS atau sekitar Rp 409 miliar. Everipedia layaknya Wikipedia, sama-sama mengembangkan ensikolopedia berbasis online.

Dana tersebut berasal dari Galaxy Digital milik Mike Novograts. Menurut co-founder Everipedia, Sam Kazemian, dana tersebut akan digunakan untuk membiayai protokol blokchain yang sedang mereka kembangkan.

Protokol dibuat untuk token digital seperti token ethereum yang nantinya menjadi kunci backend dari Everipedia. Token-token tersebut akan diberikan kepada pemegang EOS, sebuah platform desentralisasi untuk mata uang virtual.

Pemegang token akan mendapatkan beberapa akses seperti menulis artikel di Everipedia, mengawasi aktivitas situs, dan memperbarui artikel.

Protokol blockchain ini membuat proses penyuntingan artikel lebih transparan. Ketika akan menyunting artikel, pemegang token harus memberikan sedikit jaminan untuk menghindari penyuntingan artikel yang meragukan.

Jadi, jika artikel yang disunting tidak valid, pemegang token harus merelakan jaminan ang digitalnya tersebut. Pemegang token juga memiliki hak suara untuk memilih apa yang ingin ditambahkan di situs Everipedia.

Skema protokol blockchain ini pertama kali dibuat oleh Galaxy Digital, sebuah pasar bank baru yang baru saja dirilis Mike Novograts.

"Kami senang mendukung Everipidia dan melihat perkembangan ensiklopedia yang lebih modern dan inklusif yang membawa pengetahuan dunia ke blockchain", jelas Novograts, seperti KompasTekno rangkum dari Business Insider, Jumat (9/2/2018).

Baca: Turki Blokir Wikipedia, Ada Apa?

Everipedia telah memiliki tiga juta pengunjung situs tiap bulan, dan mengoleksi lebih dari enam juta artikel. Jumlah ini masih kalah jauh dari Wikipedia yang memiliki 40 juta artikel dari 293 bahasa.

Pada tahun 2014, Wikipedia yang merupakan lembaga non-profit menerima bitcoin sebagai donasi berkat kerja sama dengan Coinbase.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.