MIUI 9 Kalah dari Android One, Xiaomi Hapus Polling - Kompas.com

MIUI 9 Kalah dari Android One, Xiaomi Hapus Polling

Kompas.com - 12/02/2018, 16:12 WIB
Xiaomi Mi A1 resmi diperkenalkan di New Delhi, India, Selasa (5/8/2017).Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Xiaomi Mi A1 resmi diperkenalkan di New Delhi, India, Selasa (5/8/2017).

KOMPAS.com - Xiaomi Mi A1 yang dirilis September 2017 lalu, merupakan buah kerja sama antara Xiaomi dan Google, sebagai kelanjutan proyek ponsel murah Android One tahun 2014 silam.

Karena mengandalkan OS Android murni, maka Xiaomi mengorbankan MIUI, software antarmuka buatannya sendiri di perangkat Xiaomi Mi A1.

MIUI teranyar, MIUI 9 juga telah tersedia di beberapa perangkat Xiaomi awal tahun ini. Menghitung jarak yang tak terpaut jauh antara rilisnya Xiaomi Mi A1 yang berbasis stock Android dan MIUI 9, Xiaomi pun mencoba mengetahui preferensi UI mana yang lebih digandrungi MiFans.

Jejak pendapat tersebut disebar melalui akun Twitter resmi @Xiaomi pada 7 Februari lalu. Hasilnya, dari 14.769 suara yang masuk, 75 persen MiFans justru lebih menyukai antarmuka Android One, alih-alih MIUI 9 yang mendapat 43 persen. 

Tangkapan layar akun Twitter resmi @Xiaomi yang dihapus. Dalam postingan tersebut, Android One unggul 14 persen dibanding MIUI 9.Reddit Tangkapan layar akun Twitter resmi @Xiaomi yang dihapus. Dalam postingan tersebut, Android One unggul 14 persen dibanding MIUI 9.
Perolehan tersebut dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Senin (12/2/2018) yang didapatkan dari diskusi forum Reddit komunitas pengguna Xiaomi.

Sebab, postingan asli terkait polling tersebut telah dihapus oleh pengelola akun Twitter Xiaomi, setelah mendapati suara MIUI 9 terjungkal.

Hasil polling melalui Twitter tersebut memang tidak bisa dijadikan acuan, mengingat jajak pendapat dilakukan secara random alias tidak menjelaskan spesifik, apakah responden pernah menggunakan MIUI 9 dan Android One sekaligus, atau baru menjajal salah satunya saja.

Meskipun telah dihapus, tak ada salahnya untuk Xiaomi terus menyempurnakan MIUI 9 sehingga memenuhi harapan penggunanya.

Xiaomi Mi A1 memang menyasar negara berkembang, seperti India dan Indonesia. Dibekali layar LCD berbentang 5,5 inci resolusi 1080 x 1920 full HD. Xiaomi Mi A1 memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang dipadankan dengan RAM 4 GB, dengan media penyimpanan 64 GB.

Baca: Xiaomi Mi A1 Sudah Bisa Update Android Oreo

Kamera ganda tersemat di belakang, keduanya memiliki resolusi 12 megapiksel dengan bukaan lensa f/2.2 dan f/2.7. Bagian depan terdapat kamera dengan resolusi 5 megapiksel. 

Xiaomi Mi A1 memiliki dukungan baterai 3.080 mAh. Seiring rilisnya Android 8.0 Oreo, Xiaomi Mi A1 juga ikut dijalankan dengan sistem operasi teranyar Android tersebut.

Untuk MIUI 9, Xiaomi pun menyematkan beberapa fitur unggulan, seperti split-screen, smart assistant, smart app launcher, dan search image menggunakan kata kunci.

Baca juga: Punya Rp 3 Juta, Beli Moto G5S Plus atau Xiaomi Mi A1?


Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X