Android P Bikin Desain iPhone X Semakin Pasaran? - Kompas.com

Android P Bikin Desain iPhone X Semakin Pasaran?

Kompas.com - 13/02/2018, 10:10 WIB
Bagian depan iPhone X tampil nyaris tanpa bezelYoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Bagian depan iPhone X tampil nyaris tanpa bezel

KOMPAS.com - Sesuai tradisi, sistem operasi Android teranyar bakal diperkenalkan pada pertengahan tahun ini, bertepatan dengan ajang “Google I/O”. Desas-desus soal sistem operasi tersebut sudah mulai berseliweran di ranah maya.

Salah satunya menyangkut penamaan Android P yang oleh internal Google kini disebut "Pistachio Ice Cream". Selain itu, Android P juga dikatakan mendukung fitur notch atau poni layar yang ditemukan pada sisi atas layar iPhone X.

Notch berfungsi sebagai tempat meletakkan kamera depan dengan beragam sensor seperti inframerah dan proximity. Jika rumor soal Android P benar, artinya akan makin banyak ditemui ponsel Android dengan desain serupa iPhone X yang memiliki poni.

Sejauh ini smartphone Android yang memiliki desain notch adalah Essential. Lini tersebut dirancang oleh mantan “Bapak Android”, Andy Rubin. Pabrikan China, Huawei, juga santer terdengar akan merilis smartphone dengan desain notch yang identik dengan iPhone X.

Baca juga: Android P Pakai Nama Es Krim Bertabur Kacang Arab

Sebenarnya desain notch pada iPhone X banyak menuai kontroversi. Ada yang menilainya sebagai kegagalan desain, meski tak sedikit yang menganggapnya apik. Entah seperti apa nantinya dukungan untuk notch pada Android P.

Sumber dalam mengatakan Android P diharapkan mampu menarik lebih banyak pengguna iPhone untuk beralih ke perangkat Android.

Selain dukungan untuk desain notch, Android P juga disebut-sebut mendukung tampilan lipat dan layar banyak alias multiple screen, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (13/2/2018), dari Bloomberg.

Beberapa elemen yang hendak digencarkan pada Android P adalah integrasi lebih dalam dengan Google Assistant dan ketahanan baterai. Juru bicara Google enggan menanggapi isu yang beredar.

Diketahui, Google rutin memperbarui sistem operasinya setiap tahun. Penamaannya sendiri berurutan sesuai abjad. Biasanya singkatan dari insisial abjadnya mengikuti nama-nama camilan manis. Apakah selanjutnya benar akan jadi Android Pistachio? Kita tunggu saja.

Komentar
Close Ads X