Kompas.com - 13/02/2018, 10:10 WIB
Bagian depan iPhone X tampil nyaris tanpa bezel Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comBagian depan iPhone X tampil nyaris tanpa bezel

KOMPAS.com - Sesuai tradisi, sistem operasi Android teranyar bakal diperkenalkan pada pertengahan tahun ini, bertepatan dengan ajang “Google I/O”. Desas-desus soal sistem operasi tersebut sudah mulai berseliweran di ranah maya.

Salah satunya menyangkut penamaan Android P yang oleh internal Google kini disebut "Pistachio Ice Cream". Selain itu, Android P juga dikatakan mendukung fitur notch atau poni layar yang ditemukan pada sisi atas layar iPhone X.

Notch berfungsi sebagai tempat meletakkan kamera depan dengan beragam sensor seperti inframerah dan proximity. Jika rumor soal Android P benar, artinya akan makin banyak ditemui ponsel Android dengan desain serupa iPhone X yang memiliki poni.

Sejauh ini smartphone Android yang memiliki desain notch adalah Essential. Lini tersebut dirancang oleh mantan “Bapak Android”, Andy Rubin. Pabrikan China, Huawei, juga santer terdengar akan merilis smartphone dengan desain notch yang identik dengan iPhone X.

Baca juga: Android P Pakai Nama Es Krim Bertabur Kacang Arab

Sebenarnya desain notch pada iPhone X banyak menuai kontroversi. Ada yang menilainya sebagai kegagalan desain, meski tak sedikit yang menganggapnya apik. Entah seperti apa nantinya dukungan untuk notch pada Android P.

Sumber dalam mengatakan Android P diharapkan mampu menarik lebih banyak pengguna iPhone untuk beralih ke perangkat Android.

Selain dukungan untuk desain notch, Android P juga disebut-sebut mendukung tampilan lipat dan layar banyak alias multiple screen, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (13/2/2018), dari Bloomberg.

Beberapa elemen yang hendak digencarkan pada Android P adalah integrasi lebih dalam dengan Google Assistant dan ketahanan baterai. Juru bicara Google enggan menanggapi isu yang beredar.

Diketahui, Google rutin memperbarui sistem operasinya setiap tahun. Penamaannya sendiri berurutan sesuai abjad. Biasanya singkatan dari insisial abjadnya mengikuti nama-nama camilan manis. Apakah selanjutnya benar akan jadi Android Pistachio? Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.