TCash Kantongi Izin QR Code dari BI

Kompas.com - 13/02/2018, 12:33 WIB
Implementasi QR Code sebagai mekanisme pembayaran bary Tcash. TcashImplementasi QR Code sebagai mekanisme pembayaran bary Tcash.

KOMPAS.com - Layanan dompet digital TCash resmi mengimplementasikan pembayaran berbasis “Snap QR Code”. Mekanisme ini melengkapi cara-cara pembayaran yang sudah lebih dulu tersedia, yakni menggunakan stiker NFC dan protokol USSD.

Pengaplikasian Snap QR Code sendiri sejatinya mulai diperkenalkan TCash sejak akhir 2017 lalu. Namun, izin pengoperasiannya baru dikeluarkan awal tahun ini oleh Bank Indonesia (BI) selaku badan regulator di sektor pembayaran.

“Saat ini sudah ada tiga ribuan (merchant) yang pakai QR Code. Kami sedang gencarkan dalam dua minggu terakhir ini,” kata CEO TCash, Danu Wicaksana, Selasa (13/2/2017), saat dihubungi KompasTekno.

TCash menargetkan 10.000 merchant sudah mengaplikasikan QR Code hingga akhir kuartal pertama 2018. Salah satu langkah awal untuk mewujudkannya dengan mengedukasi para pedagang di Pasar Modern Bintaro, Tangerang.

Sebanyak 60 pedagang kecil di Pasar Modern Bintaro dibimbing langsung oleh tim TCash untuk mengoperasikan pembayaran non-tunai melalui teknologi QR Code. Pimpinan Unit BTC Pasar Modern, Tri Murhayanto, mengatakan banyak keuntungan dari sistem ini.

“Kami melihat beragam keuntungan yang didapatkan pedagang, seperti transaksi yang lebih cepat tanpa khawatir mempersiapkan uang kembalian, serta melindungi pedagang dari tindakan kejahatan transaksi dengan uang palsu,” kata Tri Murhayanto.

“Kombinasi antara hadirnya QR Code bagi pedagang, serta dukungan sumber daya TCash, tentunya dapat membantu pedagang menarik lebih banyak pembeli untuk mengembangkan usahanya,” ia melanjutkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah Pasar Modern Bintaro, sasaran selanjutnya adalah para pedagang untuk merchant ritel dan pasar-pasar tradisional lainnya.

"Baru saja di merchant-merchant ritel juga seperti Hejo-Hejo, Es Teler 77, Gaya Gelato, Halal Guys, Kopi Tuku, dan lainnya. Kalau pasar tradisional selanjutnya Pasar Mayestik," kata Danu.

QR Code jadi solusi utama pembayaran non-tunai

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X