Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android P Pakai Nama Es Krim Bertabur Kacang Arab?

Kompas.com - 13/02/2018, 13:21 WIB
Rizky Chandra Septania,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber wikipedia

KOMPAS.com - Google menggunakan nama makanan manis (penutup) dengan awalan yang sesuai abjad, untuk nama seri OS Android-nya. Mulai dari Android seri pertama, Cupcake (Android C) hingga terakhir Oreo (Android O).

Kebiasaan Google itu memunculkan keasyikan tersendiri bagi pengguna, mereka menebak makanan manis apa lagi yang bakal dipakai Google, termasuk untuk Android berikutnya, yakni Android P.

Sebelumnya, banyak yang bertaruh bahwa Google bakal mengadopsi "Pancake" sebagai nama Android P. Namun laporan terbaru menyebutkan tim internal Google memilih nama Pistachio Ice Cream (es krim kacang pistachio).

Dikutip KompasTekno dari Pocket-Lint, Selasa (13/2/2018), nama Pistachio Ice Cream ini belum tentu akan digunakan Google untuk Android P versi konsumen, saat dirilis resmi nanti.

Baca juga: Android P Bikin Desain iPhone X Semakin Pasaran?

Terlebih, nama Ice Cream sendiri telah digunakan pada Android Versi 4.0, yakni Ice Cream Sandwich yang dirilis 2011 lalu. Tapi tetap saja bocoran nama Pistachio Ice Cream terdengar asing, dan memicu pertanyaan lain di benak pengguna Android. Seperti apa kira-kira wujud pistachio ice cream itu?

Es krim dengan taburan kacang pistachioIst Es krim dengan taburan kacang pistachio
Halaman Wikipedia menulis Pistachio Ice Cream (es krim pistachio) merupakan makanan dingin (es krim) yang dibubuhi dengan kacang jenis pistachio. Kacang jenis ini dihasilkan oleh tumbuhan perdu yang banyak ditanam di daerah kering di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan barat.

Bijinya yang hijau cerah digunakan penghias makanan. Selain dimakan sebagai camilan, kacang ini juga sering digunakan sebagai isi pie, biskuit, es krim atau kue-kue. Di Indonesia, kacang pistachio dikenal dengan sebutan kacang Arab.

Di sejumlah negara, es krim kacang pistachio memiliki nama berbeda. Seperti di Suriah, makanan ini dikenal dengan nama bakdash. Sedangkan di Italia, es krim pistachio merupakan varian dari makanan dingin khas Negara Gladiator, yakni sorbet dan gelatto.

Di Persia, es krim pistachio dikenal dengan nama bastani. Es krim ini terbuat dari campuran susu, gula, air mawar, saffrin, vanila dan tentunya pistachio sendiri. Es krim ini memiliki tekstur yang kental dan rasa yang khas.

Kulfi, varian es krim pistachio berbentuk batang yang populer di India.Ist Kulfi, varian es krim pistachio berbentuk batang yang populer di India.
India mengenal es krim pistachio dengan nama kulfi. Tidak seperti es krim gaya barat pada umumnya, pembuatan kulfi tak serumit cara dalam membuat es krim.

Es krim ini terdiri dari komposisi cairan yang sederhana dan dimatangkan dengan direbus. Dalam pembuatannya, adonan kulfi ditambahkan susu serta saffron dan dicetak sehingga tampak seperti es krim batangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber wikipedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com