Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Google, Layanan Ini Lebih Dulu Pakai Nama “Gmail”

Kompas.com - 14/02/2018, 15:19 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Layanan e-mail Google, Gmail, pertama kali diluncurkan pada hari April Mop tahun 2004 dan sempat dikira sebagai lelucon sebelum akhirnya diketahui sebagai service baru yang “serius”.

Meski kini identik dengan Google, jauh sebelum dipopulerkan oleh sang raksasa internet, nama “Gmail” sebenarnya sudah lebih dulu dipakai oleh pihak lain, yakni Paws Inc, studio kartun milik kreator karakter kucing tambun Garfield, Jim Davis.

“Gmail” atau lebih tepatnya G-mail di mana huruf “G” merupakan singkatan nama “Garfield” sudah bisa digunakan oleh para warganet setidaknya sejak tahun 1998, atau hampir 20 tahun lalu ketika Google baru memulai hidupnya sebagai mesin pencari dan sibuk mencari modal.

Hal ini diketahui dari tangkapan gambar situs G-mail yang disimpan oleh pengumpul sejarah internet, Internet Archive, sebagaimana terlihat di bawah.

Screenshot layanan G-mail besutan Paws Inc tahun 1998, dari Internet Archive.INTERNET ARCHIVE Screenshot layanan G-mail besutan Paws Inc tahun 1998, dari Internet Archive.

Karena sudah lebih dipakai oleh sang kucing Garfield, begitu Google meluncurkan layanan e-mail bernama sama bertahun-tahun setelahnya, muncul dugaan bahwa perusahaan tersebut mengambil alih domain gmail.com dari Paws Inc.

Namun, menurut keterangan yang dihimpun KompasTekno dari Gizmodo, Rabu (14/2/2018), domain gmail.com sebenarnya tak pernah dimiliki oleh Paws Inc.

Studio kartun itu menggunakan domain lain, yakni gmail.garfield.com, subdomain dari situs Garfield.com untuk layanan G-mail besutannya.

Informasi lain yang beredar di internet menyebutkan bahwa domain gmail.com sudah terdaftar sejak 1995. Berarti ia lebih tua dari Google dan domain utama Google.com sekalipun.

Pemilik awal dari domain Gmail.com adalah perusahaan bernama US Email. Pada awal tahun 2000-an, US Email tutup dan kepemilikan Gmail.com sempat berpindah-pindah tangan sebelum akhirnya diambil oleh Google pada awal 2004.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com