Sebelum Google, Layanan Ini Lebih Dulu Pakai Nama “Gmail”

Kompas.com - 14/02/2018, 15:19 WIB
Logo Gmail. GoogleLogo Gmail.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Layanan e-mail Google, Gmail, pertama kali diluncurkan pada hari April Mop tahun 2004 dan sempat dikira sebagai lelucon sebelum akhirnya diketahui sebagai service baru yang “serius”.

Meski kini identik dengan Google, jauh sebelum dipopulerkan oleh sang raksasa internet, nama “Gmail” sebenarnya sudah lebih dulu dipakai oleh pihak lain, yakni Paws Inc, studio kartun milik kreator karakter kucing tambun Garfield, Jim Davis.

“Gmail” atau lebih tepatnya G-mail di mana huruf “G” merupakan singkatan nama “Garfield” sudah bisa digunakan oleh para warganet setidaknya sejak tahun 1998, atau hampir 20 tahun lalu ketika Google baru memulai hidupnya sebagai mesin pencari dan sibuk mencari modal.

Hal ini diketahui dari tangkapan gambar situs G-mail yang disimpan oleh pengumpul sejarah internet, Internet Archive, sebagaimana terlihat di bawah.

Screenshot layanan G-mail besutan Paws Inc tahun 1998, dari Internet Archive.INTERNET ARCHIVE Screenshot layanan G-mail besutan Paws Inc tahun 1998, dari Internet Archive.

Karena sudah lebih dipakai oleh sang kucing Garfield, begitu Google meluncurkan layanan e-mail bernama sama bertahun-tahun setelahnya, muncul dugaan bahwa perusahaan tersebut mengambil alih domain gmail.com dari Paws Inc.

Namun, menurut keterangan yang dihimpun KompasTekno dari Gizmodo, Rabu (14/2/2018), domain gmail.com sebenarnya tak pernah dimiliki oleh Paws Inc.

Studio kartun itu menggunakan domain lain, yakni gmail.garfield.com, subdomain dari situs Garfield.com untuk layanan G-mail besutannya.

Informasi lain yang beredar di internet menyebutkan bahwa domain gmail.com sudah terdaftar sejak 1995. Berarti ia lebih tua dari Google dan domain utama Google.com sekalipun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemilik awal dari domain Gmail.com adalah perusahaan bernama US Email. Pada awal tahun 2000-an, US Email tutup dan kepemilikan Gmail.com sempat berpindah-pindah tangan sebelum akhirnya diambil oleh Google pada awal 2004.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.