7 Teknologi di Film Fiksi yang Kini Jadi Nyata

Kompas.com - 14/02/2018, 19:23 WIB
Salah satu gadget yang dipakai di serial Star Trek.Istimewa Salah satu gadget yang dipakai di serial Star Trek.

KOMPAS.com — Penggemar film bergenre science fiction atau fiksi ilmiah tentu tak asing dengan suguhan kecanggihan teknologi yang ditampilkan. Banyak di antaranya tidak masuk akal sehingga membutuhkan efek visual demi mendapat emosi penonton.

Namun, siapa sangka, dari ide teknologi yang tidak masuk akal tersebut justru benar-benar diciptakan dan menjadi lumrah digunakan.

Seperti film-film fiksi ilmiah era 60-an, banyak teknologi yang ada di cuplikan film tersebut menjadi nyata saat ini dan telah banyak digunakan oleh masyarakat.

KompasTekno telah merangkum tujuh teknologi khas fiksi ilmiah tahun 60-an yang menjadi kenyataan di era milenial, dilansir dari Digital Trends, Rabu (14/2/2018).

1. Alat penerjemah


Alat penerjamah universal yang bisa menerjemahkan berbagai bahasa, pertama kali muncul di beberapa film. Seperti serial The Hitchhiker's Guide to Galaxy atau Star Trek. Di film Hitchhiker's Guide to Galaxy, alat tersebut berbentuk ikan kecil bewarna kuning yang disebut "babel fish".

Cara kerja babel fish sedikit menyiksa karena harus masuk ke lubang telinga untuk mencapai otak yang akan menyerap gelombang energi dibawah alam sadar. Kemudian, ikan tersebut akan mengekskresikan matriks untuk menerjemahkan langsung ke telinga.

Bibel Fish, teknologi penerjemah universal yang diciptakan Yahoon tahun 1997Digital Bibel Fish, teknologi penerjemah universal yang diciptakan Yahoon tahun 1997

Di kemudian hari, katakanlah tahun 1997, Yahoo merilis aplikasi terjemahan bernama serupa.
Namun babel fish milik Yahoo lebih manusiawi dengan menggunakan perangkat komputer dan koneksi internet, layaknya Google Translate yang umum digunakan.

Wireless Earbuds Wvaerly Labswaverly Labs Wireless Earbuds Wvaerly Labs

Hingga saat ini, teknologi peling mirip dengan si babel fish dalam film Hitchhiker's Guide to Galaxy adalah wireless earbuds, handset yang menerjemahkan langsung ke telinga.
Beberapa perusahaan teknologi seperti Google, dan Waverly Labs telah merilis handset ini.

2. Asisten digital berbasis A.I


Jika pernah menyaksikan film 2001: A Space Odyssey atau Alien's "Mother" mungkin akan menyaksikan embrio teknologi AI yang menjamur saat ini. Tokoh fiksi ikonik HAL 9000 misalnya, digambarkan sebagai "spesies" komputer yang bisa berbicara, bahkan berperan antagonis.

Dalam perkembangannya, HAL 9000 bertransformasi menjadi Siri, asisten digital pertama Apple yang tentu tidak memiliki karakter antagonis layaknya HAL 9000.

Siri pertama kali muncul di perangkat iPhone 4s tahun 2011 setelah dikembangkan tahun-tahun sebelumnya. Saat ini, asisten digital sudah banyak ditemukan seperti di Google atau Alexa milik Amazon. Asisten digital menggunakan teknologi kecerdasan buatan ( artificial intelligence).

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X