Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grafis Ponsel Snapdragon 845 Ungguli iPhone X?

Kompas.com - 15/02/2018, 10:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah bocoran benchmark menampilkan hasil tes chipset anyar Qualcomm, Snapdragon 845 dengan beberapa kompetitornya. Dalam benchmark 3DMark yang menguji performa grafis, Snapdragon 845 berhasil mengungguli chipset A11 bionic milik iPhone X.

Berkat GPU Adreno 630, performa grafis Snapdragon 845 naik 32 persen dibanding pendahulunya, Snapdragon 835. Skornya mencapai 5.834. Sementara chip A11 bionic milik iPhone X hanya mencatat performa Skor grafis 3DMark 4.428.

Dengan demikian, di atas kertas, ponsel-ponsel yang mengusung chip Snapdragon 845 bakal memiliki performa grafis yang lebih unggul dari iPhone X.

Tak hanya mengungguli chip A11 bionic iPhone X, GPU Snapdragon 845 yang sedianya akan tersemat di beberapa smartphone kelas atas tahun ini, seperti Samsung Galaxy S9, juga mengungguli chip Exynos 8895 dan Kirin 970.

Benchmark Grafis Snapdragon 845 mengungguli A11 bionic iPhone X dan beberapa chipset kompetitor lain.Anandtech Benchmark Grafis Snapdragon 845 mengungguli A11 bionic iPhone X dan beberapa chipset kompetitor lain.

Qualcomm sendiri mengatakan jika skor benchmark bukan indikasi peforma smartphone secara natural. Hasil pada setiap ponsel akan berbeda, tergantung dari software, komponen hardware dan pola penggunaan smartphone oleh pengguna.

Namun, Qualcomm juga meyakinkan bahwa peforma Snapdragon 845 tidak mengecewakan.

Baca juga: Lima Kemampuan Andalan di Chip Snapdragon 845

Snapdragon 845 dijanjikan akan membuat performa perangkat 30 persen lebih baik, mampu menampilkan output 2,5 kali lebih cepat, dan 30 persen lebih hemat baterai.

"Susunan spectra camera baru kami dan grafis Adreno meningkatkan efisiensi daya hingga 30 persen dibanding generasi sebelumnya", jelas perwakilan Qualcomm, seperti KompasTekno lansir dari Phone Arena, Kamis (15/2/2018).

Uji benchmark ini dilakukan menggunakan Qualcomm Reference Design (QRD), smartphone buatan Qualcomm yang berfungsi untuk menguji hardware dan pengembangan software. Sehingga, perlu smartphone komersial lain untuk membuktikan hasil uji benchmark ini.

Selain Samsung Galaxy S9, deretan smartphone kelas atas lain kemungkinan juga diusung Snapdragon 845, seperti LG, Google Pixel 3 dan Xiaomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com