Kompas.com - 15/02/2018, 10:11 WIB

KOMPAS.com - Sebuah bocoran benchmark menampilkan hasil tes chipset anyar Qualcomm, Snapdragon 845 dengan beberapa kompetitornya. Dalam benchmark 3DMark yang menguji performa grafis, Snapdragon 845 berhasil mengungguli chipset A11 bionic milik iPhone X.

Berkat GPU Adreno 630, performa grafis Snapdragon 845 naik 32 persen dibanding pendahulunya, Snapdragon 835. Skornya mencapai 5.834. Sementara chip A11 bionic milik iPhone X hanya mencatat performa Skor grafis 3DMark 4.428.

Dengan demikian, di atas kertas, ponsel-ponsel yang mengusung chip Snapdragon 845 bakal memiliki performa grafis yang lebih unggul dari iPhone X.

Tak hanya mengungguli chip A11 bionic iPhone X, GPU Snapdragon 845 yang sedianya akan tersemat di beberapa smartphone kelas atas tahun ini, seperti Samsung Galaxy S9, juga mengungguli chip Exynos 8895 dan Kirin 970.

Benchmark Grafis Snapdragon 845 mengungguli A11 bionic iPhone X dan beberapa chipset kompetitor lain.Anandtech Benchmark Grafis Snapdragon 845 mengungguli A11 bionic iPhone X dan beberapa chipset kompetitor lain.

Qualcomm sendiri mengatakan jika skor benchmark bukan indikasi peforma smartphone secara natural. Hasil pada setiap ponsel akan berbeda, tergantung dari software, komponen hardware dan pola penggunaan smartphone oleh pengguna.

Namun, Qualcomm juga meyakinkan bahwa peforma Snapdragon 845 tidak mengecewakan.

Baca juga: Lima Kemampuan Andalan di Chip Snapdragon 845

Snapdragon 845 dijanjikan akan membuat performa perangkat 30 persen lebih baik, mampu menampilkan output 2,5 kali lebih cepat, dan 30 persen lebih hemat baterai.

"Susunan spectra camera baru kami dan grafis Adreno meningkatkan efisiensi daya hingga 30 persen dibanding generasi sebelumnya", jelas perwakilan Qualcomm, seperti KompasTekno lansir dari Phone Arena, Kamis (15/2/2018).

Uji benchmark ini dilakukan menggunakan Qualcomm Reference Design (QRD), smartphone buatan Qualcomm yang berfungsi untuk menguji hardware dan pengembangan software. Sehingga, perlu smartphone komersial lain untuk membuktikan hasil uji benchmark ini.

Selain Samsung Galaxy S9, deretan smartphone kelas atas lain kemungkinan juga diusung Snapdragon 845, seperti LG, Google Pixel 3 dan Xiaomi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.