Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FBI dan CIA Imbau Warga AS Tidak Pakai Huawei dan ZTE

Kompas.com - 15/02/2018, 15:15 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com — Pemerintah Amerika Serikat telah lama menaruh curiga bahwa China bisa memata-matai negerinya lewat berbagai perangkat elektronik dan telekomunikasi buatan perusahaan swasta.

Belakangan, para pimpinan sejumlah lembaga penegak hukum dan dinas intel di Amerika Serikat bahkan mengeluarkan imbauan agar warga AS tidak menggunakan produk-produk dan jasa dari perusahaan asal China, Huawei dan ZTE.

Imbauan tersebut dinyatakan Kepala Central Intelligence Agency (Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat/CIA), Federal Bureau of Investigation (Biro Investigasi Federal AS/FBI), National Security Agency (NSA), dan Director of National Intelligence AS dalam sebuah sesi dengar pendapat Senate Intelligence Committee, pekan ini.

“Kami sangat khawatir soal risikonya apabila membiarkan perusahaan atau entitas terkait dengan pemerintah asing—yang tidak memiliki pandangan sama dengan kita—masuk dan menguasai jaringan telekomunikasi kita,” ujar Direktur FBI Chris Wray.

“Hal ini memberikan peluang untuk memodifikasi atau mencuri informasi, sekaligus kemampuan untuk melakukan spionase tanpa terdeteksi,” lanjut Wray, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Jumat (15/2/2018).

Huawei dan ZTE dikenal sebagai pabrikan perangkat infrastruktur telekomunikasi dan smartphone yang produknya banyak digunakan di seluruh dunia, tetapi kesulitan masuk ke pasar AS lantaran dicurigai bisa memfasilitasi spionase bagi Pemerintah China.

Bulan lalu, misalnya, saat Huawei meluncurkan smartphone flagship Mate 10 Pro di Amerika Serikat, rekanan operator AT&T menarik diri di saat terakhir, diduga karena faktor tekanan politis.

Di sisi lain, pihak Huawei menyatakan sudah mengetahui perihal imbauan dari para pimpinan dinas intel AS tersebut dan mengatakan bahwa pihaknya selama ini dipercaya oleh pemerintah dan pelanggan di lebih dari 170 negara.

“(Huawei) Tak memberikan risiko keamanan siber yang lebih besar dibandingkan vendor ICT lain mana pun,” sebut seorang juru bicara perusahaan.

Meski demikian, Pemerintah Amerika Serikat agaknya tak bergeming dan malah berencana melangkah lebih jauh dengan menyiapkan peraturan untuk melarang pegawai negeri  AS memakai ponsel Huawei dan ZTE.

Baca juga : Pemerintah Amerika Larang Penggunaan Software Kaspersky

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com