Tahun Baru Imlek, Google Rayakan dengan "Doodle" Anjing

Kompas.com - 16/02/2018, 08:57 WIB
Tahun Baru Imlek 2018. GoogleTahun Baru Imlek 2018.

KOMPAS.com - Hari ini, Jumat (16/2/2018), menandai “Tahun Baru Imlek” yang ke-2565. Perayaannya dimulai sejak hari pertama pada bulan pertama penanggalan Tionghoa dan berakhir pada hari ke-15, bertepatan dengan purnama atau disebut “Cap Go Meh”.

Google pun turut merayakan Tahun Baru Imlek dengan memasang doodle khusus di laman mesin pencari. Tampak 12 hewan yang melambangkan 12 shio berdasarkan kepercayaan masyarakat Tionghoa dan keturunannya.

Di antara 12 hewan tersebut, Anjing digambarkan paling menonjol. Pasalnya, tahun ini dipercaya sebagai tahun Anjing dengan elemen tanah.

Dari beberapa ramalan, pemilik shio Macan dan Kelinci akan lebih mudah dan lancar dalam perjalanan karirnya. Sementara itu, shio Kerbau, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, dan Anjing, masih berada pada zona nyaman dan netral.

Pemilik shio Tikus, Ayam, dan Babi, diprediksi akan mengalami masa-masa yang menantang. Tentu saja berbagai ramalan itu bisa berubah, tergantung bagaimana usaha tiap orang.

Perayaan Tahun Baru Imlek

Ada beragam tradisi untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Namun, benang merahnya adalah perjamuan makan malam dan bagi-bagi duit dalam amplop merah atau disebut “angpao”.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya anak-anak kecil hingga remaja yang lajang akan diberikan angpao oleh para nenek, kakek, orang tua, tante, om, dan kakak-kakak mereka yang telah menikah.

Di Indonesia, selama tahun 1968 hingga 1999, perayaan Tahun Baru Imlek dilarang di depan umum. Hal ini diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 14 Tahun 1967 yang ditetapkan di bawah pemerintahan Presiden Soeharto.

Masyarakat keturunan China di Indonesia kembali bebas merayakan Tahun Baru Imlek pada 2000 silam, ketika Presiden Abdurrahman Wahid memimpin. Ia mencaput Inpres Nomor 14 Tahun 1967 dan mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2001.

Keppres itu memperbolehkan perayaan Tahun Baru Imlek bagi masyarakat keturunan China. Pada 2002, Tahun Baru Imlek akhirnya diresmikan sebagai salah satu hari libur nasional.

Selamat Tahun Baru Imlek bagi yang merayakan dan selamat berakhir pekan!



Sumber wikipedia
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X