Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Perkenalkan Chip Modem LTE Berkecepatan 2 Gbps

Kompas.com - 16/02/2018, 18:44 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang peluncuran jaringan 5G, teknologi 4G LTE masih akan banyak digunakan selama beberapa waktu ke depan.

Pengembangannya pun terus dilakukan, antara lain oleh Qualcomm yang pekan ini memperkenalkan chip modem LTE baru bernama Snapdragon X24.

Qualcomm menyebutkan bahwa Snapdragon X24 adalah modem LTE category 20 pertama di dunia, sekaligus chip pertama yang dibuat dengan proses fabrikasi 7nm FinFET.

Snapdragon X24 diklaim mampu menghasilkan kecepatan tranfser data downlink sebesar 2 Gigabit per detik (Gbps) lewat 7x carrier agregation dan 4x4 MIMO.

Chip ini juga bisa memanfaatkan teknologi License Assisted Access yang memungkinkan transmisi data LTE lewat frekuensi Wi-Fi.

Kecepatan teoritis Snapdragon X24 jauh lebih tinggi dibandingkan chip LTE sebelumnya, Snapdragon X16 yang memiliki kecepatan maksimal 1,2 Gbps dan banyak digunakan di ponsel masa kini.
 
Kecepatan real-world Snapdragon X24 mungkin akan berkisar di angka 200 hingga 600 Mbps, namun itu pun sudah dua kali kecepatan LTE rata-rata saat ini di kisaran 100 hingga 200 Mbps.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Police, Jumat (16/2/2018), chip modem Snapragon X24 kemungkinan baru akan hadir di smartphone mulai 2019 mendatang, dalam bentuk standalone atau terintegrasi di system-on-chip (SoC) kelas atas generasi berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com