Facebook Rilis Fitur untuk Membuat Daftar, Begini Cara Mencobanya

Kompas.com - 17/02/2018, 08:25 WIB
Facebook List Facebook ListFacebook List

KOMPAS.com- Facebook baru saja merilis fitur baru dalam kotak status yakni List. Sesuai sebutannya yang berarti "daftar" dalam bahasa Indonesia, List memungkinkan pengguna Facebook untuk membuat sebuah daftar.

Bentuknya berupa poin-poin teks dengan latar belakang berwarna. Bisa juga dihiasi dengan emoji sebagai pemanis. Hal-hal yang dicantumkan dalam List bisa berupa apa saja, entah itu resolusi tahun baru, rencana yang bakal dilakukan, atau restoran yang ingin dikunjungi.

Bagaimana cara mencobanya? Opsi untuk membuat daftar lewat List akan ditampilkan di kolom "What's on your mind?" untuk mengunggah posting baru seperti biasa, bersama dengan opsi-opsi lain macam polling, check-in, foto, dan video.

Begitu meng-klik pilihan List di kolom posting status, pengguna bisa memilih salah satu dari 30 jenis template judul yang disediakan, mulai dari to-do-list, film yang ingin ditonton, hingga makanan favorit. Ada juga pilihan untuk membuat judul daftar sendiri.

Dari pantauan KompasTekno, Sabtu (18/2/2018), fitur List ini sudah tersedia dan bisa dicoba oleh para pengguna Facebook di Indonesia.

Ingin lebih personal

Fitur List untuk membuat update status berupa daftar di Facebook. Ada 30 template judul yang disediakan.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Fitur List untuk membuat update status berupa daftar di Facebook. Ada 30 template judul yang disediakan.
Untuk apa Facebook memperkenalkan fitur List? TechCrunch menyebutkan bahwa Facebook mungkin berharap penggunanya bakal tertarik untuk saling berbagi List dan mengutarakan pendapat mengenai daftar masing-masing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuan akhirnya adalah mendorong para pengguna Facebook untuk lebih banyak mengunggah konten original dan bersifat lebih personal -seperti membuat daftar  tentangapa yang mereka pikirkan dan apa yang akan mereka lakukan- sehingga memancing rasa penasaran teman-temannya.

Ini akan memperbanyak interaksi, membuat pengguna betah berlama-lama di Facebook dan kembali login untuk melihat perkembangan karena kepo (ingin tahu).

Facebook belakangan memang merasa jejaring sosialnya terlalu dibanjiri konten yang bersifat non-personal, seperti berita, meme, iklan, tautan internet, dan update dari laman Facebook Page. Pengguna pun makin sedikit mengunggah konten personal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.