Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Gmail Bakal Bisa "Browsing" Langsung dari "Inbox"

Kompas.com - 17/02/2018, 10:19 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Digit

KOMPAS.com - Google mengumumkan bahwa layanan e-mail besutannya, Gmail, akan diperbarui dengan teknologi Accelerated Mobile Pages (AMP).

AMP merupakan teknologi  Google yang digunakan untuk "meringankan" situs web sehingga bisa lebih cepat dimuat melalui perangkat mobile. Dengan demikian, pengguna Gmail bakal bisa melakukan browsing dari langsung dari inbox e-mail tersebut.

Selain itu, karena framework AMP bersifat terbuka (open source), para developer pihak ketiga bisa leluasa mengembangkan aneka macam fungsi baru terkait kemampuan browsing.

Baca juga : Google Rilis Gmail Go, Ringan dan Bebas Spam

Dengan membuka e-mail dari Pinterest, misalnya, pengguna Gmail bisa melihat aneka posting lalu meng-klik untuk melihat detil lebih jauh. Mirip dengan yang bisa dilakukan di website pinterest sendiri, tapi ini dilakukan langsung dari inbox Gmail.

"Bayangkan jika Anda dapat menyelesaikan tugas secara langsung di e-mail. Dengan AMP untuk e-mail (Gmail), Anda bisa melakukan reservasi di sebuah event, atau mengisi kuisioner langsung dari e-mail," tulis Aakash Sahney, Product Manager Gmail, di sebuah posting blog.

Sahney memberikan ilustrasi mengenai kemampuan apa saja yang nanti bisa dilakukan di Gmail berkat kehadiran AMP, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digit, Sabtu (18/2/2018).

Baca juga : Android P Pakai Nama Es Krim Bertabur Kacang Arab?

Dia mengatakan pihaknya sudah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan seperti Booking.com, Doodle, dan Pinterest tadi, untuk mengembangkan fitur-fitur baru Gmail yang dilandasi oleh AMP.

Developer aplikasi kini sudah bisa memperoleh preview AMP untuk Gmail dengan terlebih dulu mendaftar lewat Google. Dukungan AMP sendiri rencananya baru akan menyusul diterapkan di Gmail belakangan tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Digit
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com