Pengguna Gmail Bakal Bisa "Browsing" Langsung dari "Inbox"

Kompas.com - 17/02/2018, 10:19 WIB
Fitur AMP pada Gmail untuk memuat laman web ringan lebih cepat melalui Gmail. GoogleFitur AMP pada Gmail untuk memuat laman web ringan lebih cepat melalui Gmail.

KOMPAS.com - Google mengumumkan bahwa layanan e-mail besutannya, Gmail, akan diperbarui dengan teknologi Accelerated Mobile Pages (AMP).

AMP merupakan teknologi  Google yang digunakan untuk "meringankan" situs web sehingga bisa lebih cepat dimuat melalui perangkat mobile. Dengan demikian, pengguna Gmail bakal bisa melakukan browsing dari langsung dari inbox e-mail tersebut.

Selain itu, karena framework AMP bersifat terbuka (open source), para developer pihak ketiga bisa leluasa mengembangkan aneka macam fungsi baru terkait kemampuan browsing.

Baca juga : Google Rilis Gmail Go, Ringan dan Bebas Spam

Dengan membuka e-mail dari Pinterest, misalnya, pengguna Gmail bisa melihat aneka posting lalu meng-klik untuk melihat detil lebih jauh. Mirip dengan yang bisa dilakukan di website pinterest sendiri, tapi ini dilakukan langsung dari inbox Gmail.

"Bayangkan jika Anda dapat menyelesaikan tugas secara langsung di e-mail. Dengan AMP untuk e-mail (Gmail), Anda bisa melakukan reservasi di sebuah event, atau mengisi kuisioner langsung dari e-mail," tulis Aakash Sahney, Product Manager Gmail, di sebuah posting blog.

Sahney memberikan ilustrasi mengenai kemampuan apa saja yang nanti bisa dilakukan di Gmail berkat kehadiran AMP, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digit, Sabtu (18/2/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : Android P Pakai Nama Es Krim Bertabur Kacang Arab?

Dia mengatakan pihaknya sudah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan seperti Booking.com, Doodle, dan Pinterest tadi, untuk mengembangkan fitur-fitur baru Gmail yang dilandasi oleh AMP.

Developer aplikasi kini sudah bisa memperoleh preview AMP untuk Gmail dengan terlebih dulu mendaftar lewat Google. Dukungan AMP sendiri rencananya baru akan menyusul diterapkan di Gmail belakangan tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Digit
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.