BlackBerry Siapkan Ponsel Android dengan Kamera Ganda Tersembunyi

Kompas.com - 19/02/2018, 12:24 WIB
BlackBerry Priv berbasis Android. ist.BlackBerry Priv berbasis Android.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Semenjak beralih ke platform Android, BlackBerry terus menelurkan ponsel baru. Perangkat mendatang dari pabrikan asal Kanada itu agaknya bakal memiliki kamera dengan desain baru.

Hal tersebut diketahui dari sebuah hak paten kamera ponsel yang baru-baru ini diberikan ke BlackBerry oleh World Intellectual Patent Organization.

Ilustrasi di dalam paten menggambarkan perangkat Android dengan papan ketik QWERTY model slider mirip perangkat BlackBerry Priv.

Bedanya, apabila Priv menempatkan modul kamera dan lensa di unit keyboard slider yang terpisah dari badan utama ponsel, kamera di paten baru BlackBerry ini tersemat langsung di bodi perangkat.

Ilustrasi perangkat dengan kamera berlensa ganda dalam paten BlackBerry.nl.letsgodigital.org Ilustrasi perangkat dengan kamera berlensa ganda dalam paten BlackBerry.

Bagian keyboard slider tampak turut memiliki lensa sekunder yang tersembunyi. Di sinilah letak keunikan kamera dalam paten BlackBerry, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizmoChina, Senin (19/2/2018).

Saat keyboard dalam keadaan tertutup, lensa sekunder tadi akan berada di atas modul kamera dalam posisi bertumpuk sehingga berfungsi layaknya lensa tambahan.

Cara kerjanya mirip dengan aksesori lensa wide dan tele clip-on yang ditempelkan di punggung dan banyak tersedia untuk ponsel populer seperti iPhone.

Cara kerja lensa sekunder di kamera ponsel dalam paten baru BlackBerry mirip dengan aksesori lensa clip-on. Hanya saja, lensa sekunder sudah terintegrasi langsung di keyboard slider. Amazon.com Cara kerja lensa sekunder di kamera ponsel dalam paten baru BlackBerry mirip dengan aksesori lensa clip-on. Hanya saja, lensa sekunder sudah terintegrasi langsung di keyboard slider.
Begitu keyboard dibuka, lensa sekunder tadi tidak lagi berada di atas modul kamera sehingga perspektif kamera pun akan menjadi sesuai aslinya.

Lensa sekunder tadi bisa saja merupakan jenis wide-angle, fish-eye, telephoto, atau macro. Dengan demikian, pengguna kamera BlackBerry tersebut bisa memilih perspektif berbeda dengan membuka-tutup keyboard.

Selain itu, BlackBerry diketahui ikut mematenkan nama “Uni”. Boleh jadi inilah sebutan sang ponsel berlensa ganda nanti.


Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Gizmochina
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X