Google Assistant Bakal Bisa Diajak "Ngobrol" dengan Bahasa Indonesia?

Kompas.com - 19/02/2018, 14:16 WIB
Menekan tombol Home beberapa lama akan memunculkan asisten pribadi, Google Assistant. Arstechnica.comMenekan tombol Home beberapa lama akan memunculkan asisten pribadi, Google Assistant.

KOMPAS.com - Google sepertinya bakal gencar mengekspansi layanan asisten digital “Google Assistant” dan hardware pendukung “Google Home”. Hal ini terendus dari bocoran slide presentasi Google di ajang Digital News Initiative (DNI), yang berlangsung pekan lalu di Amsterdam, Belanda.

Slide presentasi itu sendiri dibocorkan peserta DNI, Elger can der Wel, melalui akun Twitter personalnya @elger. Meski resolusi gambar kurang tajam, tetapi masih bisa terlihat substansinya.

Tampak rencana Google sepanjang 2018 adalah menyediakan Google Assistant dan Google Home di 52 negara dan dalam 25 bahasa, termasuk salah satunya Indonesia.

Jika slide tersebut benar, artinya ada 38 negara baru dan 17 bahasa baru yang didukung Google Assistant dan Google Home. Tak tertera secara pasti negara-negara mana yang kebagian dalam waktu dekat. 


Slide hanya memperlihatnya peta dunia dan area penyebarannya. Beberapa wilayah yang naga-naganya bakal kebagian adalah Amerika Selatan, Eropa Barat, dan Asia Tenggara yang notabene di dalamnya termasuk Indonesia, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (19/2/2018), dari AndroidPolice.

Hingga kini Google belum mengiyakan soal rencana ambisius tersebut secara gamblang ke media massa. Benar atau tidaknya bocoran presentasi bisa dibuktikan pada akhir tahun ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Google Assistant dan Google Home sendiri pertama kali diperkenalkan di ajang Google I/O 2016 di Mountain View, Amerika Serikat. Keduanya kemudian diperbarui agar lebih canggih dan memudahkan kehidupan masyarakat modern sehari-hari.

Baca juga : Google Translate untuk Bahasa Indonesia Makin Mirip Manusia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.