Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2018, 15:06 WIB

KOMPAS.com - Ditemukan celah keamanan alias bug baru pada sistem operasi iOS buatan Apple. Seperti yang sudah-sudah, bug itu relatif mudah dieksploitasi.

Sebagian fungsi iPhone bisa lumpuh ketika pengguna menerima pesan teks, yang di dalamnya terdapat karakter huruf dalam bahasa India Telugu.

Adapun yang terganggu akibat bug tersebut adalah aplikasi pesan singkat bawaan iMessage, serta aplikasi messaging pihak ketiga, semacam WhatsApp dan Facebook Messenger.

Dalam beberapa kasus, pengguna bahkan tak perlu membuka pesan atau menggulir notifikasi. Bug langsung bekerja secara agresif, di mana layar iPhone akan mati. Ketika dinyalakan, pengguna bakal diminta memasukkan kode PIN lagi.

Baca juga: Sebuah Tautan Bisa Bikin iPhone dan iPad Langsung Hang

Untuk sementara, cara memperbaiki dampak dari bug tersebut adalah menghapus percakapan iMessage keseluruhan dari peramban di desktop. Apple mengatakan bug ini menjangkiti sistem operasi termutakhir, yakni iOS 11, macOS High Sierra, watchOS 4, dan tvOS 11, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (19/2/2018), dari Mashable.

Menyebar lewat Twitter

Juru bicara Apple sesumbar perbaikan untuk bug ini bakal segera hadir dalam versi masing-masing sistem operasi dalam beberapa waktu mendatang. Tak disebut secara rinci, kapan tanggal perilisannya.

Yang jelas, penyebaran bug ini terlanjur meluas. Bukan cuma dari oknum jahil yang mengirimkan pesan iMessage berisi bug, tetapi juga via Twitter.

Beberapa pengguna Twitter mematrikan karakter huruf India yang mengandung bug ke nama mereka. Ada juga beberapa yang menuliskan karakter huruf India Teluga itu ke tweet-nya. Akibatnya, pengguna yang sedang menggulir linimasa Twitter bisa seketika mendapati iPhone-nya crash.

Baca juga: Survei Android dan iPhone, Siapa Sering Crash?

Sekitar bulan lalu, ada juga bug berbahaya yang ditemukan dan dinamai “ChaiOS”. Bug tersebut membuat layar iPhone tak bisa bergerak alias freeze hanya karena menerima sebuah pesan berisi tautan khusus. Apple mampu memberantas bug itu dalam waktu kurang lebih sepekan.

Sebelumnya lagi, ada bug yang membuat iPhone crash karena menerima pesan yang berisi kombinasi emoji tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.