Pesan Terkirim yang Dihapus di WhatsApp Ternyata Bisa Tetap Muncul

Kompas.com - 20/02/2018, 08:09 WIB

KOMPAS.com - Pada tahun 2016 lalu, WhatsApp merilis fitur quotes and replies di mana pengguna bisa mengutip dan membalas pesan tertentu dalam percakapan grup WhatsApp  atau percakapan personal.

Fitur ini bisa mereduksi kesalahpahaman dalam percakapan yang acap kali tertimbun dengan percakapan lain.

Setahun berikutnya, WhatsApp merilis fitur delete for everyone yang digunakan untuk menghapus pesan "salah kamar". Pesan hanya bisa dihapus dalam waktu kurang dari tujuh menit, lewat dari tenggat tersebut, maka pesan tak akan bisa dihapus.

Sayangnya, ada cara lain untuk mencegah pesan "salah kamar" itu hilang dari jendela percakapan, yakni dengan fitur quote and replies. Pesan asli akan hilang, namun tidak dengan pesan yang kadung dikutip.

Fitur quote and replies yang menahan pesan untuk menghilang dari jendela percakapan meskipun telah dihapus.KompasTekno Fitur quote and replies yang menahan pesan untuk menghilang dari jendela percakapan meskipun telah dihapus.
Jika penerima pesan atau salah satu anggota grup sudah membalas dengan cara mengutip isi pesan maka pesan tersebut akan tetap muncul dalam kutipan, meski sudah dihapus dalam waktu kurang dari tujuh menit.

Jadi pesan asli tetap terhapus tetapi pesan yang dikutip/di-quote akan tetap bertengger dan bisa dibaca penerima atau anggota grup chat.

Meski demikian, pesan WhatsApp yang sudah terhapus tidak bisa lagi di-quote atau dijawab pengguna lain. Jadi jika tidak ingin terbaca dan terhapus selamanya, segeralah menghapus pesan yang terkirim sebelum pengguna lain membalas dengan cara mengutip.

Dilansir KompasTekno dari Gadgets 360, Selasa (20/2/2018), kegagalan penghapusan ini bukanlah bug atau masalah fitur hapus pesan di WhatsApp. Namun memang bagian dari fitur tersebut.

Pihak WhatsApp belum memberikan penjelasan soal kelemahan ini. Perusahaan hanya menjelaskan pesan bisa dihapus dalam kurun waktu tujuh menit tetapi tak ada keterangan jika pesan dikutip pengguna lain.

Baca juga : WhatsApp Mulai Bisa Dipakai Kirim Uang

Terlepas dari kelemahan organik tersebut, pesan WhatsApp yang telah dihapus memang masih bisa dibaca, namun dengan aplikasi ketiga seperti Recent Notification untuk perangkat Android. Aplikasi tersebut akan menyimpan log riwayat pemberitahuan pesan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.