Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wikipedia Versi Gratis Ditutup

Kompas.com - 20/02/2018, 09:27 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 2012 lalu,  lembaga non-profit Wikimedia Foundation meluncurkan Wikipedia Zero. Layanan tersebut merupakan versi “gratis” dari ensiklopedi internet, yang bisa diakses secara cuma-cuma, dalam artian tidak membutuhkan kuota data.

Meski demkian, Wikipedia Zero ternyata sepi peminat selama beberapa tahun terakhir, sehingga Wikimedia Foundation akhirnya memutuskan untuk menutup layanan itu pada akhir pekan lalu.

“Sejak 2016, kami melihat penurunan signifikan di angka adopsi dan ketertarikan di program ini,” sebut Wikimedia dalam sebuah posting berisi pengumuman.

Wikipedia Zero awalnya dimaksudkan untuk mengatasi persoalan keterbatasan akses internet, terkait biaya kuota data seluler di negara-negara berkembang.

Baca juga: Pesaing Wikipedia Dapat Kucuran Dana Rp 409 Miliar

Harapannya, ensiklopedia online tersebut bakal ramai dikunjungi oleh para pengguna internet  di negara-negara berkembang, karena tak menghabiskan kuota data.

Namun, menurut penjelasan Wikimedia, biaya data seluler berangsur turun, sehingga menjadi salah satu alasan di balik penurunan Wikipedia Zero. Faktor lainnya adalah awareness yang relatif rendah terhadap Wikipedia di negara-negara di luar Amerika Utara dan Eropa.

Ada juga kemungkinan masalah lain terkait netralitas internet, karena penyediaan akses secara gratis ke layanan-layanan internet tertentu dipandang sebagai perlakuan tidak adil bagi penyedia layanan lain yang sejenis.

Program internet gratis Free Basics dari Facebook, misalnya, ditutup di India pada 2016 menyusul kritik keras dari kalangan yang memandangnya bisa disalahgunakan untuk mengontrol akses internet dan informasi.

Sebelum ditutup, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Selasa (20/2/2018), Wikipedia Zero sempat tersedia di 72 negara lewat 97 operator seluler. Jumlah penggunanya secara kumulatif mencapai kisaran 800 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com