Kantor Baru Apple yang Serba Kaca, Keren tetapi Bikin Celaka

Kompas.com - 20/02/2018, 13:44 WIB
Ilustrasi bangunan kantor baru Apple, Campus 2 SoftpediaIlustrasi bangunan kantor baru Apple, Campus 2
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Para pegawai Apple baru saja pindah ke “kampus” alias kantor baru di Cupertino, California, Amerika Serikat. Berbentuk cincin dengan area taman besar di bagian tengah, bangunan tersebut sepintas mirip piring terbang yang sedang mendarat.

Dinding di sekelilingnya terbuat dari panel-panel kaca setinggi lebih dari 13 meter. Ruangan dalam terbagi-bagi dalam area kerja yang disebut sebagai “pods”, dan juga banyak menggunakan kaca.

Banyaknya dinding dari kaca di sekeliling ternyata membuat para pegawai di kantor Apple sering celaka. Mereka menabraknya karena tak menyadari kehadiran dinding dan pintu yang tembus pandang.

Apalagi, menurut keterangan sumber yang dihimpun Bloomberg, para pegawai kerap berjalan sambil sibuk memandang iPhone dalam genggaman.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno, Selasa (20/2/2018), sebagian pegawai coba menempelkan stiker post-it untuk di dinding dan pintu kaca untuk memberi peringatan pada koleganya yang akan melintas.

Ada juga penanda-penanda lain yang sempat dibubuhkan supaya dinding dan pintu kaca tersebut tak luput dilihat. Namun, benda-benda ini kemudian dihilangkan karena tak sesuai dengan estetika gedung kantor Apple.

Tak jelas berapa banyak insiden pegawai menabrak kaca yang terjadi karena pihak Apple menolak berkomentar.

Kantor Apple sendiri dibuat untuk menampung karyawan sebanyak 13.000 orang. Inspirasinya berasal dari almarhum pendiri Apple Steve Jobs yang membayangkan bangunan berbebtnuk serupa “kapal luar angkasa yang mendarat”. Visi ini kemudian diwujudkan oleh arsitek Norman Foster.

 Tahun 2011 lalu, seorang nenek 83 tahun bernama Evelyn Paswall pernah terlibat insiden serupa yang dialami pegawai kantor Apple saat ini.

Ketika itu Paswall menabrak dinding kaca di sebuah toko Apple karena tidak melihat. Akibatnya, hidungnya patah. Paswall lantas menggugat Apple dan mengatakan bahwa seharusnya ada semacam penanda di kaca.

Baca juga : Kotak Kaca Ikonik Apple di New York Bakal Dihancurkan, Mengapa?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Bloomberg
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X