Samsung Perkenalkan SSD Terbesar di Dunia

Kompas.com - 21/02/2018, 09:46 WIB
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Media penyimpanan Solid State Disk berbasis flash memory menawarkan kecepatan tinggi, namun biasanya memiliki kapasitas relatif kecil. Tidak demikian halnya dengan produk yang baru diperkenalkan oleh Samsung ini.

Produk Samsung yang bernama PM1643 tersebut memiliki form factor 2,5 inci layaknya SSD lain. Kapasitasnya terbesar di dunia, mencapai kisaran 30,72 terabyte (TB) atau 30.720 gigabyte.

Dalam sebuah pengumuman, Samsung mengatakan bahwa SSD PM1643 sanggup menampung 5.700 film HD, dengan asumsi tiap file film berukuran 5 GB.

Kapasitas sang SSD baru dua kali lebih tinggi dibandingkan SSD Samsung sebelumnya sebesar 15,36 TB yang diumumkan pada Maret 2016.

Namun SSD PM1643 sebenarnya bukan ditujukan bagi pengguna rumahan, melainkan kalangan enterprise. Antarmukanya pun memakai Serial Attached SCSI (ASA)

Keceptan sequential read speed dan write speed masing-masing diklaim mencapai 2.100 MB per detik dan 1.700 MB per detik, atau sekitar tiga kali lebih tinggi dibandingkan rata-rata SSD untuk desktop, macam seri 850 Evo dari Samsung.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (21/2/2018), untuk mewujudkan kapasitas SSD sebesar itu, Samsung menggunakan 32 paket memori flash jenis NAND 1 TB yang masing-masing terdiri dari 16 layer chip V-NAND 512 GB.

Samsung pekan ini baru mengumumkan dimulainya produksi SSD PM1643. Jadwal pemasaran ataupun harganya masih belum diketahui. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.