Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Dibekali Pemindai Wajah, Amankah Oppo A83?

Kompas.com - 21/02/2018, 15:31 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo memasarkan smartphone Oppo A83 dengan harga Rp 3 juta, lebih terjangkau dibandingkan seri F5 yang terdiri dari tiga model. Banderol lebih rendah berarti ada beberapa pemangkasan fitur.

Oppo A83, misalnya, tak dibekali pemindai sidik jari seperti F5. Ponsel ini hanya mengandalkan teknologi biometrik berbasis pengenalan wajah dan artificial intelligence (AI) lewat kamera depan.

Kendati demikian, PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengklaim teknologi face recognition Oppo A83 -seperti yang juga tertanam di F5- memiliki tingkat keamanan tinggi dan tidak bisa dikibuli dengan foto wajah.

Ini karena AI face recognition Oppo A83 bekerja dengan mencocokkan 128 titik berbeda di wajah pengguna secara tiga dimensi.

"Jadi, hanya bisa di-unlock dengan wajah sungguhan, tidak bisa pakai foto," ujar Aryo saat dijumpai usai acara Media Experience Oppo A83 di Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Teknologi AI yang sama juga digunakan untuk memperindah jepretan foto selfie di Oppo A83 dan seri F5. Hanya saja, jumlah titik yang dipindai di wajah lebih banyak, yakni 254.

Aryo menerangkan, proses AI di Oppo A53 dan seri F3 ditangani oleh CPU dan pengolah grafis (GPU) yang tertanam di System-on-Chip (SoC) MediaTek Helio P23.

Pihak Oppo tidak memakai chip terpisah untuk AI (Neural Processing Unit) dengan alasan menghemat pemakaian daya perangkat, di samping faktor kinerja chip Helio P23 yang dinilai sudah memadai untuk menangani hal tersebut.

Di luar kesamaan SoC, ada sejumlah perbedaan spesifikasi antara Oppo A83 dengan seri F3, seperti ukuran dan resolusi layar lebih kecil, serta resolusi kamera yang lebih rendah. Namun, teknologi AI yang digunakan kedua lini ponsel terbilang serupa.

Baca juga : Membandingkan Spesifikasi Oppo A83 dengan 3 Versi Oppo F5

Oppo A83 sendiri dimaksudkan sebagai versi lebih murah dari F5 yang bisa dijangkau oleh kalangan konsumen lebih luas. Harapannya, Oppo bisa lebih memasyarakatkan teknologi AI besutannya.

"Kalau cuma mengandalkan F series, pasarnya tidak akan sebesar A series. Lewat A series ini kami bisa masuk ke berbagai lapisan konsumen," tandas Aryo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com