Orang Indonesia Pakai Internet untuk Apa?

Kompas.com - 22/02/2018, 20:08 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII) menyebut pengguna internet di Indonesia bertumbuh sekitar 15 persen dari tahun ke tahun. Hal ini didukung infrastruktur jaringan yang semakin memadai, dan perangkat yang semakin terjangkau.

Lantas, apa yang banyak diakses netizen Indonesia di ranah maya? Menurut laporan terbaru APJII, netizen Tanah Air paling gemar mengakses layanan chatting, media sosial, dan mesin pencari.

Di peringkat pertama, sebanyak 89,35 persen pengguna internet Indonesia saling berkomunikasi dan berinformasi via layanan pesan instan. Adapun yang populer digunakan adalah WhatsApp, Line, dan Telegram.

Di posisi kedua, sebanyak 87,13 persen pengguna internet Tanah Air rajin berjejaring melalui media sosial. Layanan seperti Instagram, Twitter, Path, dan Facebook, mengakomodir kebutuhan untuk berekspresi, memamerkan karya, atau sekadar membagi momen sehari-hari.

Baca juga: Internet 4G Indonesia Lebih Pelan dari Filipina

Lantas yang ketiga, sebanyak 74,84 persen pengguna internet Indonesia gemar mengakses mesin pencari alias search engine. Hampir semua hal bisa dicari tahu via layanan yang didominasi Google tersebut.

Ada banyak hal-hal lain yang dieksplor pengguna internet Indonesia, di antaranya melihat foto (72,79 persen), melihat video (69,64 persen), mengunduh video (70,23 persen), mengunduh gambar (56,77 persen), membaca artikel (55,30 persen), mengunggah file (35,99 persen), e-mail (33,58 persen), belanja online (32,19 persen), pendaftaran (16,97 persen), jual barang (8,12 persen), serta layanan perbankan (7,39 persen).

Akses internet sebenarnya tak terpatok pada kegiatan bersosialisasi. Pemanfaatannya sangat luas untuk mempermudah kehidupan masyarakat modern sehari-hari.

Baca juga: Masyarakat Kelas Menengah ke Bawah Dominasi Internet di Indonesia

Pemanfaatan internet berdasar bidang

Berdasarkan bidangnya, APJII mengidentifikasi pemanfaatan internet di Indonesia dari segi ekonomi, layanan publik, edukasi, gaya hidup, sosial-politik, hingga kesehatan. Berikut masing-masing yang paling sering diakses pengguna internet Indonesia.

Bidang ekonomi

1. Cari harga (45,14 persen)
2. Membantu pekerjaan (41,04 persen)
3. Informasi membeli (37,82 persen)
4. Belanja online (32,19 persen)
5. Cari kerja (26,19 persen)
6. Transaksi perbankan (17,04 persen)
7. Jual online (16,83 persen)  

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X