Cara Registrasi dan Daftar Ulang Kartu Prabayar Smartfren

Kompas.com - 23/02/2018, 10:04 WIB
Ponsel Samsung Galaxy J1 ACE VE yang dipaketkan Smartfren dalam bundling kartu perdana 4G LTE SmartfrenPonsel Samsung Galaxy J1 ACE VE yang dipaketkan Smartfren dalam bundling kartu perdana 4G LTE

KOMPAS.com - Tenggat waktu registrasi SIM prabayar tinggal menghitung hari. Tanggal 28 Februari 2018 mendatang merupakan hari terakhir pengguna kartu prabayar mendaftarkan nomornya.

Bagi pelanggan prabayar Smartfren yang belum registrasi hingga saat ini, diimbau untuk segera melakukannya, agar nomor tidak terblokir. Registrasi sebelum tenggat waktu juga membantu pengguna terhindar dari error sistem akibat penumpukan informasi.

Sebelum melakukan registrasi, pengguna harus menyiapkan kartu keluarga (KK) dan KTP. Sebab kedua identitas tersebut akan diminta sebagai elemen penting dalam proses registrasi.

Bagi pengguna Smartfren, registrasi kartu prabayar bisa dilakukan lewat sejumlah opsi. Antara lain mengirim pesan lewat SMS, mendaftar melalui situs dan aplikasi yang tersedia, atau datang langsung ke gerai Smartfren terdekat.

Baca juga: Ciri-ciri Kartu SIM Prabayar yang Sudah Berhasil Registrasi

Untuk registrasi kartu prabayar Smartfren melalui SMS, pelanggan dapat melakukannya dengan mengirim SMS ke 4444 dengan format: 16 digit NIK#16 digit nomor KK.

Sedangkan registrasi via situs bisa dilakukan lewat tautan berikut ini. Untuk registrasi via aplikasi, pengguna bisa mengunduhnya melalui tautan berikut ini.

Pengguna juga bisa melakukan registrasi langsung ke gerai Smartfren. Caranya tinggal datang ke gerai terdekat dengan membawa KTP dan KK untuk diserahkan ke petugas. Di sana, petugas akan langsung membantu proses registrasi kartu prabayar pelanggan.

Jika sudah selesai melakukan registrasi, Anda dapat melakukan pengecekan melalui tautan berikut ini.

Caranya, masukkan nomor NIK dan Nomor Prabayar yang sudah didaftarkan. Jangan lupa mengisi jawaban kode verifikasi. Setelah semua terisi, klik tombol cek status. Seketika, sistem akan menampilkan status terkini dari kartu SIM prabayar.

Meski sedikit merepotkan, registrasi SIM prabayar sejatinya memiliki tujuan baik. Seperti memberikan perlindungan terhadap konsumen terkait penyalahgunaan nomor ponsel oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab seperti upaya penipuan dan hoaks.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X