YouTuber Ubah Mobil Antik Jadi Mouse Komputer

Kompas.com - 23/02/2018, 11:21 WIB
Mobil yang disulap menjadi mouse oleh Simone Giertz dan William Osman. Simone Giertz/ YouTubeMobil yang disulap menjadi mouse oleh Simone Giertz dan William Osman.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Simone Giertz dikenal sebagai YouTuber yang gemar bereksperimen dengan aneka robot buatan sendiri. Salah satu kreasi terbarunya adalah mobil yang disulap menjadi sebuah mouse raksasa.

Gietrz mengerjakan proyek “mouse mobil” itu lewat kolaborasi dengan sesama YouTuber yang juga gemar mengoprek aneka macam benda, William Osman. Subyek mereka adalah mobil antik ComutaCar buatan tahun 80-an. Mobil ini bertenaga listrik dan bisa memuat dua orang.

Sebuah mouse optik sungguhan dipasang di bumper mobil. Namun, karena mouse sebenarnya hanya bisa bekerja dalam jarak beberapa milimeter dari permukaan benda, perangkat tersebut harus dipasangi lensa tambahan agar mampu bekerja sesuai tinggi mobil.

Kabel Mouse tersambung ke sebuah platform elektronik Arduino Pro Micro lewat sebuah kabel PS/2 (kabel tipe lama yang sudah digantikan USB). Sebuah magnetometer digunakan untuk mengetahui orientasi mobil.

Baca juga: Mengapa Kursor Mouse Miring?

Dengan demikian, “mouse mobil” bikinan Giertz dan Osman bisa benar-benar menggerakkan kursor komputer. Untuk melakukan aksi “klik”, Giertz harus menekan klakson sebagai ganti tombol mouse.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Jumat (23/2/2018), duo YouTuber itu mencoba barang ciptaannya di sebuah lapangan luas dan berhasil memakai sang “mouse mobil” untuk mengetik e-mail, satu huruf demi satu huruf di papan ketik virtual.

Video selengkapnya yang berjudul; “Turning a Car Into a Computer Mouse" bisa disimak di kanal YouTube  Simone’s Robots di tautan berikut

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber TNW
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X