Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone X Versi "Murah" Diramal Bakal Laris Manis

Kompas.com - 25/02/2018, 10:23 WIB

KOMPAS.com - Apple dikabarkan akan meluncurkan empat lini iPhone tahun ini. Salah satunya akan mengusung layar yang lebih jumbo berbentang 6,1 inci, namun dibanderol lebih murah -untuk ukuran iPhone- dibanding iPhone X yang memiliki layar 5,8 inci.

Kabarnya, iPhone tersebut akan dibanderol mulai dari 700 dollar AS atau sekitar Rp 9,5 juta di Amerika Serikat. Harganya bisa lebih rendah lantaran memakai panel LCD, bukan OLED seperti iPhone X.

Menurut analis firma sekuritas KGI Ming-Chi Kuo, harga tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri dan diperkirakan bakal laku keras hingga 105 juta unit selama siklus penjualan 2018-2019, atau setengah dari total perkiraan angka pengapalan iPhone secara keseluruhan dalam periode itu.

Kuo yang juga dikenal sebagai pembocor ulung segala informasi terkait rencana masa depan Apple memperkirakan bahwa iPhone jumbo nan "murah" tersebut akan siap dipasarkan pada paruh kedua tahun 2018.

"Kami memproyeksikan pengapalan iPhone layar LCD 6.1 inci dalam periode penjualan produk baru (antara kuartal keempat 2018 hingga kuartal ketiga 2019). Estimasinya akan meluncur pada paruh kedua 2018 dan mencapai penjualan sekitar 100 juta unit", jelas Kuo.

Namun, Kuo menjelaskan bahwa penjualan akan fluktuatif, tergantung harga yang dipatok. Jika harga jual dimulai dari 699 dollar AS (Rp 9,5 juta), pengapalan iPhone tersebut diprediksi akan terjual 105-115 juta unit.

Tapi jika dijual mulai dari 799 dollar AS (Rp 10,8 juta) diperkirakan hanya akan terjual 95-105 juta unit. Harga juga akan tergantung keputusan Apple, apakah akan menempatkan iPhone ini sebagai penerus iPhone 8 dan 8 Plus.

Sebagai gambaran, firma riset Canalys melaporkan pengapalan iPhone X telah mencapai 29 juta unit pada kuartal IV 2017. Rekor ini menjadikan iPhone X sebagai smartphone dengan pengapalan terbaik di dunia selama masa liburan.

Baca juga : Hingga Akhir 2017, iPhone 8 Lebih Laku dari iPhone X

Varian iPhone X?

Dilansir KompasTekno dari Cnet, Minggu (25/2/2018), iPhone jumbo versi "murah" tersebut akan dilengkapi fitur khas iPhone X, Face ID, dan hanya memiliki kamera tunggal di belakang.
iPhone ini disebut tak mengusung fitur 3D Touch yang ada di iPhone X.

Apple memang diperkirakan bakal merilis empat model iPhone tahun ini, dua diantaranya adalah varian dari iPhone X. Kabar sebelumnya juga menyebutkan bahwa salah satu varian iPhone X itu akan memiliki layar selebar 6,1 inci dengan harga lebih murah sekitar 700 dollar AS.

Baca juga : iPhone X Versi Murah Bakal Meluncur Tahun Ini?

Jadi, apakah iPhone X berbanderol "murah" ini akan menjadi varian iPhone X ataukah penerus duo iPhone 8? Jawabannya kemungkinan baru bisa dipastikan antara September atau Oktober sesuai perkiraan jadwal kemunculan sang iPhone. Itu pun, kalau ia benar ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.