Apa Bedanya Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus?

Kompas.com - 26/02/2018, 06:16 WIB
Galaxy S9 (kiri) dan Galaxy S9+ memiliki perbedaan dari sisi ukuran layar, kamera, besar RAM dan memori.
Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.comGalaxy S9 (kiri) dan Galaxy S9+ memiliki perbedaan dari sisi ukuran layar, kamera, besar RAM dan memori.

BARCELONA, KOMPAS.com - Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus hadir sebagai smartphone yang menjunjung prinsip "inovation that matters". Salah satu inovasinya tampak pada komponen kamera.

Samsung membekali kamera utama Galaxy S9 dan S9 Plus dengan dual-aperture F/1.5 dan F/2.4 untuk hasil foto yang mumpuni di kondisi cahaya normal maupun gelap atau low-light. Ini merupakan yang pertama tertera pada kamera smartphone dan merupakan peningkatan dari yang sebelumnya F/1.7.

Selain itu Galaxy S9 dan S9 Plus juga mampu merekam video super slow motion dengan frame rate 960 fps resolusi 720p atau 240 fps dengan resolusi 1080p. Lagi-lagi, kemampuan tersebut baru pertama kali ditemukan di kamera smartphone.

Lantas, apa perbedaan antara Galaxy S9 dan S9 Plus? Meski sama-sama memiliki dual-aperture dan super slow-motion, kamera utama Galaxy S9 hanya satu, sementara Galaxy S9 Plus punya kamera kedua (dual-cam) dengan lensa telephoto untuk menghasilkan foto portrait yang lebih tajam dengan efek bokeh.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

Ini adalah kali pertama Samsung membedakan kamera pada varian standar dan Plus. Menurut Corporate Marketing Director Samsung Indonesia, Jo Semidang, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

Galaxy S9 (kiri) dan Galaxy S9+ memiliki perbedaan dari sisi ukuran layar, kamera, besar RAM dan memori.Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com Galaxy S9 (kiri) dan Galaxy S9+ memiliki perbedaan dari sisi ukuran layar, kamera, besar RAM dan memori.

"Konsumen kan beda-beda. Kalau yang sebelumnya kan perbedaannya tipis, ini lebih clear. Jadi konsumen bisa lebih tahu harus pilih yang mana," kata dia pada KompasTekno di Barcelona, Spanyol, Minggu (25/2/2018).

Selain kameranya, ukuran layar Galaxy S9 dan S9 Plus juga berbeda. Varian standar lebih kecil dengan layar 5,8 inci, sementara varian Galaxy S9 Plus lebih jumbo dengan bentang 6,2 inci.

Baca juga : Ini Harga Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus di Indonesia

Kapasitas RAM dan memorinya juga berbeda. Galaxy S9 hadir dengan RAM 4 GB dan memori 64 GB, sementara Galaxy S9 Plus memiliki RAM 6GB dan memori 256 GB. Jika masih kurang, tersedia slot untuk menambah memori hingga 400 GB.

Baterainya juga berbeda, Galaxy S9 dirasa cukup dengan kapasitas 3.000 mAh. Galaxy S9 Plus sendiri baterainya 3.500 mAh.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X