Nokia 1, Ponsel "Android Go" Pertama Nokia Dijual Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 26/02/2018, 09:04 WIB
Ponsel Android Go Nokia 1.HMD Global Ponsel Android Go Nokia 1.

KOMPAS.com - Untuk lebih memasyarakatkan Android, pada pertengahan 2017 lalu Google mengumumkan proyek Android Go, sistem operasi berbasis Android 8.0 Oreo yang ringan, sehingga mampu berjalan di smartphone low-end dengan RAM 512 MB.

Kini, di ajang Mobile World Congress 2018 di Barcelona, Spanyol, sejumlah smartphone Android Go dari berbagai produsen gadget, termasuk Nokia 1 dari HMD Global diperkenalkan.

Dengan banderol 85 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 juta, Nokia 1 adalah smartphone termurah dari HMD Global (pemegang lisensi merek ponsel Nokia). Angka tersebut lebih rendah dibandingkan Nokia 2 yang dihargai di atas 100 dollar AS.

Nokia 1 sendiri berukuran relatif kecil untuk ukuran smartphone modern, dengan layar berdiagonal 4,5 inci dan resolusi 854 x 480 piksel. Dapur pacunya menggunakan chip quad-core MediaTek 1,1 GHz yang dipadankan dengan RAM 1 GB, dan media penyimpanan 8 GB.

Baca juga: Google Luncurkan Android Go, Nyawa Baru untuk Ponsel Pas-pasan

Spesifikasi lain mencakup baterai 2.150 mAh, slot kartu memori microSD (hingga 128 GB), radio FM, serta kamera belakang 5 megapiksel dengan LED flash dan kamera depan 2 megapiksel.

Nokia 1 dibekali aneka aplikasi versi "ringan" dari Google, seperti YouTube Go yang mampu menyimpan video secara offline, Gmail Go yang juga mendukung offline reading dan lebih sedikit memakai RAM dibanding Gmail reguler, dan Gboard Go.

Bersama Nokia 1, HMD Global turut menghidupkan kembali aksesori cover belakang Xpress-on yang dulu sempat populer di kalangan pengguna ponsel Nokia. Penutup punggung Nokia 1 yang terbuat dari plastik polikarbonat bisa diganti-ganti dengan cover Xpress-on aneka warna.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Senin (26/2/2018), Nokia 1 rencananya akan mulai dijual pada April mendatang. HMD Global belum merinci jadwal peluncuran untuk masing-masing negara.

Nokia 1 termasuk dalam jajaran smartphone Android Go yang diperkenalkan akhir bulan ini. Selain HMD Global, ZTE turut memperkenalkan ponsel Android Go bernama Tempo Go.

Pabrikan Alcatel juga telah memperkenalkan ponsel Android Go, Alcatel 1X pada 24 Februari lalu. Ponsel tersebut menjadi ponsel Android Go pertama yang dirilis.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X