Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Dilelang Rp 714 Juta

Kompas.com - 26/02/2018, 16:26 WIB
CEO Apple Steve Jobs pada peluncuran iPhone baru tanggal 9 Januari 2007 di San Francisco, California.BBC CEO Apple Steve Jobs pada peluncuran iPhone baru tanggal 9 Januari 2007 di San Francisco, California.

KOMPAS.com - Sebuah surat lamaran kerja bisa saja berakhir di tempat sampah jika tak lagi digunakan. Namun, lain halnya surat lamaran kerja pertama milik perintis Apple, Steve Jobs.

Dalam situs lelang RR Auction, dokumen lamaran kerja pertama Steve Jobs itu dihargai lebih dari 50.000 dollar AS (Rp 714 juta ). Dokumen tersebut hanya berupa selembar kertas berukuran 8,5x11 inci, berisikan kuesioner yang diisi Jobs dengan tulisan tangan.

Dalam dokumen tersebut, Jobs menuliskan jika ia merupakan seorang ahli komputer dan kalkulator. Ia juga menambahkan desain teknologi, insinyur teknologi, dan desain elektronik sebagai kemampuan istimewanya.

Ia juga menambahkan Bahasa Inggris sebagai salah satu bidang yang ia pelajari. Sedangkan kolom alamat diisi dengan tulisan "Reed College", sekolah yang pernah diikutinya dalam waktu enam bulan.

Baca juga: Nilai Tanda Tangan Steve Jobs Capai Rp 200 Juta

Kolom nomor telepon diisinya dengan pernyataan "tidak ada". Pekerjaan sebelumnya juga tampak dilewatkan. Dokumen tersebut bahkan dibubuhi oleh tanda tangan Jobs.

Tidak disebutkan untuk perusahaan apa surat lamaran kerja itu dibuat. Namun pada dokumen yang dibuat pada 1973 itu disinyalir ditulis Jobs selepas ia keluar dari Reed College, sekolah yang hanya diikutinya dalam waktu enam bulan.

Lamaran KerjaLamaran Kerja Lamaran Kerja

Selain lamaran kerja pertama, sejumlah dokumen lain yang berkaitan dengan Steve Jobs juga turut dilelang dalam situs tersebut. Sebut saja manual teknik Mac OS tahun 2001 dan kliping koran Palo Alto Daily Post tahun 2008 yang juga dibubuhi tanda tangan Jobs.

Meski sama-sama dibubuhi tanda tangan Jobs, harga kedua benda ini sedikit lebih murah. Yakni 25.000 dollar AS (Rp 350 juta) untuk manual teknis, dan 15.000 dolar AS (Rp 214,2 juta) untuk kliping koran.  
 
Lelang dokumen lamaran kerja Jobs dan benda lainnya bakal dibuka 8 hingga 15 Maret 2018 mendatang. Jika tertarik, anda dapat mengunjungi laman berikut.

Susah memberi tanda tangan

Hampir semua benda yang mendapatkan bubuhan tanda tangan Steve Jobs laku terjual dengan harga mahal. Tahun lalu, majalah Newsweek dengan kover foto Jobs lengkap dengan tanda tangan, laku terjual hingga 50.587 dollar AS (sekitar 680 juta kala itu) lewat situs yang sama.

Padahal RR Auction memprediksi majalah tersebut hanya akan terjual dengan harga 10.000 hingga 15.000 dollar AS (Rp 142,8 juta sampai Rp 214,2 juta).

Baca juga: Majalah dengan Tanda Tangan Steve Jobs Laku Rp 680 Juta

Berdasarkan informasi yang dikutip KompasTekno dari SlashGear, Senin (26/2/2018), tingginya harga barang yang sudah dibubuhi tanda tangan Jobs disebabkan lantaran pemilik Apple ini jarang mau memberikan tanda tangan.

Menurut kesaksian, Steve Jobs sering menolak penggemar yang ingin meminta tanda tangannya. Sebab, Jobs menilai apa yang diraih oleh Apple bukanlah karena dirinya. Melainkan atas kerja sama kelompok, sehingga ia merasa tidak pantas melakukannya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X