Menjajal "AR Emoji" di Galaxy S9 yang Bisa Kloning Wajah Pengguna

Kompas.com - 27/02/2018, 05:58 WIB
AR Emoji Samsung Galaxy S9+ Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comAR Emoji Samsung Galaxy S9+

BARCELONA, KOMPAS.com - Emoji menjadi salah satu elemen penting dalam komunikasi virtual. Tanpa perlu mengetik kata-kata yang panjang, emoji bisa mewakili ekspresi dan perasaan tertentu.
 
Samsung pun memperkenalkan inovasi baru, yakni menggabungkan emoji dengan teknologi Augmented Reality (AR) lewat fitur "AR Emoji" di Galaxy S9 dan S9 Plus. Duo flagship ini diperkenalkan di Barcelona, Spanyol, pada Minggu (25/2/2018) kemarin. Baca juga : Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus Resmi Meluncur)
 
Pada prinsipnya, AR Emoji memungkinkan pengguna membuat beragam emoji yang menyerupai diri mereka. Bukan cuma penampakannya yang mirip, tetapi karakternya juga dibuat identik sehingga komunikasi virtual bisa lebih seru.
 
Kemampuan ini berkat algoritma pembelajaran berbasis data yang menganalisis citra dua dimensi pengguna dan memetakan lebih dari 100 fitur wajah untuk menciptakan model tiga dimensi yang menitu ekspresi pengguna. Misalnya saja ketika berkedip, mengangguk, tertawa, atau kesal.
 
"Teknologi AR pada Galaxy S9 akan mengubah cara Anda bekerja, bermain, dan berinteraksi dengan sekeliling Anda," kata Senior Manager Channel Marketing Samsung, Erin Willis, di atas panggung peluncuran, Fira Montjuic, Barcelona, Spanyol, Minggu.
 
Format AR Emoji pun bukan cuma paket berisi 18 butir emoji, tetapi juga paket berisi 18 GIF, serta video pengguna dalam bentuk avatar. Lantas, bagaimana cara membuatnya?
 
Pertama, Anda cukup membuka kamera depan Galaxy S9 atau S9 Plus. Lalu pilih opsi "AR Emoji" di sisi atas antarmuka kamera. Tekan ikon bertuliskan "Create My Emoji" di sisi bawah kiri antarmuka kamera. Jepret selfie wajah Anda dari sisi depan dan pilih jenis kelamin.

AR Emoji Samsung Galaxy S9+Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com AR Emoji Samsung Galaxy S9+

 
Teknologi AR pada Galaxy S9 dan S9 Plus bakal memrosesnya Kira-kira lima detik. Setelahnya, Anda bisa melihat wujud wajah dalam bentuk avatar.
 
Anda juga bisa memodifikasi warna kulit, ukuran mata, jenis dan warna rambut, hingga aksesori seperti baju serta kacamata. Jika sudah puas mengutak-atik avatar, pilih "Save".

AR Emoji Samsung Galaxy S9+Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com AR Emoji Samsung Galaxy S9+

 
Galaxy S9 dan S9 Plus bakal otomatis menyimpan avatar tersebut dalam satu paket berisi 18 emoji dan satu paket berisi 18 GIF. Anda bisa membaginya via layanan pesan singkat seperti WhatsApp dan Facebook Messenger ke siapa saja.
 
"Meski lawan bicara Anda memiliki jenis smartphone berbeda, stiker emoji dan GIF Anda tetap bisa mereka terima," kata Erin Willis.
 
"AR Emoji" adalah salah satu fitur andalan pada Galaxy S9 dan S9 Plus. Fitur utama lainnya adalah dual-aperture F/1.5 dan F/2.4, serta perekaman super slow motion 960fps pada 720p atau 240fps pada 1080p.

Baca juga : Ini Harga Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus di Indonesia

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X