Secanggih Apa Kamera Samsung Galaxy S9?

Kompas.com - 27/02/2018, 09:27 WIB
Galaxy S9 dan S9 Plus Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comGalaxy S9 dan S9 Plus

BARCELONA, KOMPAS.com - Penggunaan smartphone semakin bergeser, bukan lagi untuk menelepon dan SMS melainkan berbagi konten visual lewat aplikasi chatting dan media sosial.

Asumsi ini dipertegas laporan dari firma penelitian Toluna QuickSurvey yang menyebut 79 persen pemanfaatan smartphone saat ini bertumpu pada kamera.

Para vendor smartphone pun berlomba-lomba menghadirkan inovasi kamera, salah satunya Samsung. Pabrikan Korea Selatan itu baru saja merilis duo flagship Galaxy S9 dan S9 Plus dengan embel-embel “Camera Reimagined” di Barcelona, Spanyol, Minggu (25/2/2018) kemarin.

Ada dua fitur andalan pada kamera utama Galaxy S9 dan S9 Plus, yakni dual-aperture (F/1.5 dan F/2.4) dan perekaman video super slow-motion (960 fps 720p atau 240fps 1080p). Apa artinya kedua fitur ini dalam meningkatkan pengalaman menjepret dan merekam video?

1. Dual-aperture F/1.5 dan F/2.4

Hasil foto yang baik kerap bergantung pada kondisi cahaya. Padahal, ada banyak momen penting terjadi dalam kondisi cahaya yang terlalu gelap atau terlalu terang.

Misalnya saja ketika pasangan suami-istri merayakan hari jadi mereka dalam sebuah candle-light dinner yang minim cahaya, atau orang tua yang ingin mengabadikan momen ketika anaknya lomba lari di siang terik yang kelebihan cahaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebanyakan smartphone memiliki aperture yang kurang adaptif pada segala kondisi cahaya, sehingga hasil jepretan kurang maksimal. Fitur dual-aperture pada Galaxy S9 dan S9 Plus diproyeksikan sebagai solusinya.

“Dual-aperture ini bekerja seperti mata kita ketika melihat objek di segala kondisi. Nggak hanya low-light yang kami pikirkan, makanya selain F/1.5 ada juga F/2.4, jadi kalo siang bagus malam bagus. Warnanya bagus di segala kondisi,” kata Corporate Marketing Director Samsung Indonesia, Jo Semidang.

Dual-aperture Galaxy S9 dan S9 PlusFatimah Kartini Bohang/Kompas.com Dual-aperture Galaxy S9 dan S9 Plus

Pengguna bisa beralih dari bukaan F/1.5 untuk kondisi cahaya gelap ke F/2.4 untuk kondisi cahaya terang, pun sebaliknya. Peralihannya bersifat mekanik dari komponen kamera Galaxy S9 dan S9 Plus, bukan cuma sebatas dari software.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X