Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kamera Galaxy S9 Dibekali 2 Bukaan Lensa Berbeda?

Kompas.com - 27/02/2018, 14:43 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan duo smartphone flagship Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Kedua produk papan atas ini dibekali aneka fitur unggulan, termasuk kamera dengan variabel aperture (diafragma) yang bisa mengatur lebar bukaan lensa, antara f/1.5 dan f/2.4.

Apa alasan Samsung menerapkan kemampuan yang baru pertama kali hadir di kamera smartphone ini? Jawabannya ternyata berkaitan dengan kebutuhan pemotretan pengguna dalam kondisi cahaya berbeda.

“Jadi, dengan dual aperture ini, pengguna bisa mengambil gambar dengan optimal dalam kondisi lighting apa pun. Misalnya saat low-light, kamera Galaxy S9 akan memililih aperture f/1.5 agar cahaya yang masuk lebih banyak,” ujar Product Marketing Senior Manager Samsung Mobile Indonesia, Selvia Gofar dalam acara media interview di Jakarta, Senin (26/2/2018).

Sebaliknya, menurut Selvia, saat berada dalam kondisi cahaya terang, kamera Galaxy S9 bakal menggunakan aperture f/2.4 yang lebih kecil, untuk memaksimalkan detail gambar yang ditangkap.

Aperture mengacu pada lebar bukaan lensa (entrance pupil) tempat cahaya masuk, sebelum mengenai sensor pengambil gambar di kamera. Semakin besar bukaannya (f/1.5 dalam hal ini mewakili bukaan yang lebih lebar dari f/2.4), maka semakin banyak cahaya yang masuk.

Imbasnya, semakin lebar bukaan, maka semakin cepat pula kecepatan rana (shutter speed), sehingga meminimalisir gambar buram karena gerakan, misalnya ketika memotret dalam kondisi minim cahaya.

Saat diatur dengan aperture f/1.5 (foto kanan), lensa kamera Galaxy S9 memiliki bukaan lebar dibandingkan f/2.4.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Saat diatur dengan aperture f/1.5 (foto kanan), lensa kamera Galaxy S9 memiliki bukaan lebar dibandingkan f/2.4.

Supaya tetap fokus

Namun ada efek lain pula. Semakin lebar bukaan lensa, semakin tipis pula ruang tajam (depth of field), sehingga bisa saja obyek di latar depan atau belakang subyek utama menjadi terlihat buram, karena jatuh di luar area fokus (focus plane).  

Menurut pengamat gadget Lucky Sebastian, inilah sebabnya mengapa Galaxy S9 menyediakan opsi kedua berupa aperture f/2.4, bukan hanya f/1.5.

“Jadi misalnya kita group photo, kalau aperture terlalu besar seperti f/1.5, bisa jadi ada orang di depan atau belakang yang wajahnya tidak fokus. Apabila kita memakai aperture f/2.4, maka wajah semua orang bisa fokus,” kata Lucky yang turut hadir dalam acara.

Aperture yang lebih kecil (f/2.4) juga berfungsi membatasi cahaya yang masuk, sehingga gambar tidak menjadi over-exposed atau terlalu terang dalam kondisi cahaya berlimpah, misalnya ketika memotret di pantai di siang bolong.

Dalam kasus ini bisa saja kecepatan rana tak mampu mengimbangi cahaya yang masuk sehingga aperture perlu diperkecil.

Perbedaan tangkapan gambar kamera Galaxy S9 antara aperture f/1.5 dan f/2.4, dengan setting kecepatan rana dan ISO yang sama (1/20 detik, ISO 50). Perhatikan gambar yang jauh lebih terang hingga overexposed saat bukaan diatur ke angka f/1.5, dengan latar belakang yang juga tampak lebih buram dibandingkan f/2.4.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Perbedaan tangkapan gambar kamera Galaxy S9 antara aperture f/1.5 dan f/2.4, dengan setting kecepatan rana dan ISO yang sama (1/20 detik, ISO 50). Perhatikan gambar yang jauh lebih terang hingga overexposed saat bukaan diatur ke angka f/1.5, dengan latar belakang yang juga tampak lebih buram dibandingkan f/2.4.

Tak seperti lensa kamera DSLR atau mirrorless, biasanya lensa kamera smartphone hanya memiliki aperture lensa yang bersifat fixed alias tidak bisa diganti-ganti, mentok di angka tertentu, seperti f/1.6 saja atau f/2.0 saja.

Unit kamera utama Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus yang memiliki variable aperture ini memiliki sensor beresolusi 12 megapiksel.

Khusus untuk Galaxy S9 Plus, Samsung menyertakan kamera kedua di punggung dengan sudut pandang telephoto dan lensa bukaan f/2.4, juga dengan resolusi 12 megapiksel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com