Indonesia, Pengguna Facebook Terbanyak ke-4 di Dunia - Kompas.com

Indonesia, Pengguna Facebook Terbanyak ke-4 di Dunia

Kompas.com - 02/03/2018, 08:18 WIB
Gambar yang diambil pada 20 November 2017 ini menunjukkan logo Facebook, layanan media sosial yang berbasis di Amerika Serikat.AFP PHOTO/LOIC VENANCE Gambar yang diambil pada 20 November 2017 ini menunjukkan logo Facebook, layanan media sosial yang berbasis di Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Jumlah pengguna layanan media sosial pada tahun 2018 mengalami peningkatan. Berdasarkan laporan digital tahunan yang dikeluarkan oleh We Are Social dan Hootsuite, pertumbuhan sosial media tahun ini mencapai 13 persen dengan jumlah pengguna total mencapai 3 miliar.

Dari angka tersebut, penggunaan Facebook masih mendominasi. Tahun ini, pengguna aktif Facebook tercatat menguasai dua pertiga pasar dengan jumlah pengguna lebih dari 2,17 miliar. Naik hampir 15 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dari data yang dikutip KompasTekno di We Are Social, Jumat (2/3/2018), Indonesia menyumbang jumlah pengguna Facebook terbesar urutan ke-empat secara global.

Hingga Januari 2018, jumlah pengguna Facebook dari Indonesia mencapai 130 juta akun dengan persentase enam persen dari keseluruhan pengguna.

Daftar negara dengan pengguna Facebook terbanyakWe Are social Daftar negara dengan pengguna Facebook terbanyak

Angka ini sekaligus mencatat nama Indonesia sebagai negara di Asia Tenggara dengan jumlah pengguna Facebook paling banyak.

Di bawah Indonesia, Filipina menempati urutan keenam dengan jumlah pengguna 67 juta akun. Disusul dengan Vietnam dan Thailand di urutan tujuh dan delapan dengan masing-masing jumlah pengguna mencapai 55 juta dan 51 juta akun.

Sedangkan jumlah pengguna Facebook terbanyak di dunia dipegang India. Tahun ini, penggunanya mencapai 250 juta  pengguna dengan persentase 12 persen dari jumlah total.
 
Bagian menarik lainnya dari data ini adalah pertumbuhan pengguna Facebook di India yang melonjak tahun 2018. Sebelumnya, India menempati urutan ke dua di dengan jumlah pengguna 213 juta. Sedangkan urutan pertama ditempati oleh Amerika Serikat dengan jumlah pengguna aktif 219 juta.

Namun dalam waktu satu tahun, India berhasil melampaui jumlah pengguna di AS. Meski begitu, kedua negara sama-sama mencatatkan jumlah pertumbuhan yang signifikan. Tahun ini, jumlah pengguna Facebook di AS mencapai 230 juta pengguna.
 
Dua kota di Indonesia, Bekasi dan Jakarta juga tercatat sebagai kota dengan jumlah pengguna Facebook aktif terbesar. Kota Bekasi menempati urutan ke-tiga dengan jumlah pengguna mencapai 18 juta akun. Sedangkan Jakarta berada di urutan ke-empat dengan jumlah 16 juta.

Sedangkan kota dengan jumlah pengguna Facebook aktif ditempati oleh ibukota Thailand, Bangkok dengan jumlah 22 juta akun. Namun mengingat Bekasi dan Jakarta merupakan kota yang berdekatan, akumulasi pengguna di kedua kota itu bisa mengalahkan Bangkok.

Meningkatnya jumlah pengguna media sosial secara keseluruhan berbanding lurus dengan jumlah pengguna internet duania. Tahun ini, lebih dari setengah penduduk dunia kini sudah terhubung internet.

Baca juga : Berapa Jumlah Pengguna Internet Indonesia?

Dari total populasi 7,5 miliar jiwa, pengguna internet dunia kini sudah mencapai 4 miliar orang. Berdasarkan sumber yang sama, bertambahnya jumlah pengguna media sosial dipicu oleh distribusi smartphone dan jaringan yang mulai merata.



Close Ads X