Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo R15 Ikutan Pakai "Poni" Mirip iPhone X?

Kompas.com - 04/03/2018, 09:04 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Smartphone flagship Android seakan "lempar handuk" untuk menelurkan desain baru, tanpa harus meniru iPhone X. Tak terkecuali Oppo yang latah ikut-ikutan tren layar "poni" (notch) ala iPhone X, di duo perangkat barunya bernama Oppo R15 dan Oppo R15 Plus.

Dilansir KompasTekno dari Android Authority, Minggu (4/3/2018), melaui situs Weibo, Oppo membocorkan siluet Oppo R15 dan Oppo R15 Plus yang nampak jelas sangat mirip dengan iPhone X.

Dari penampakan siluet tersebut, kemungkinan diagonal layarnya akan lebih panjang dibanding iPhone X, seperti yang diusung Asus Zenfone 5. Terlihat pula bingkai (bezel) sisi kanan dan kiri yang tipis.

Rumornya, Oppo R15 dan Oppo R15 Plus akan ditenagai chipset baru Snapdragon 700, yang ditujukan untuk smartphone mid-range premium.  Namun ada juga yang menyebut, chip Snapdragon 670 atau justru Helio P60 yang akan dipakai di R15 ini.

Baca juga: Android P Bikin Desain iPhone X Semakin Pasaran?

Kabarnya pula, sistem operasinya (OS) akan dijalankan dengan Android 8.1 Oreo, serta antarmuka bawaan Oppo, Color OS 4.0.

Beberapa fitur baru akan disertakan, seperti teknologi sensor 3D yang mendukung sistem kemanan pengenal wajah dan emoji animasi. Jadi ada kemungkinan, selain notch, Oppo R15 juga akan menggunakan sistem Face Unlock seperti Face ID pada iPhone X.

Belum bisa dipastikan apakah tampilan belakang juga akan menyontek iPhone X dan apakah Oppo akan menghilangkan headphone jack. Detail spesifikasi lain, baik dari Oppo langsung atau bocoran tak resmi pun belum banyak beredar.

Oppo menyebut akan merilis flagship anyar ini di kampung halamannya, China tanpa menyebut waktu perilisan. Duo Oppo R15 menambah daftar panjang smartphone Android yang mengusung desain serupa iPhone X, dengan poni di layar.

Hal ini semakin menguatkan ramalan bakal muncul lebih banyak ponsel Android "berponi" akibat OS Android P yang akan rilis, akan mendukung fitur notch di ponsel Android. Selain Oppo, beberapa vendor lain seperti Huawei, LG, dan Vivo juga dikabarkan akan menjiplak desain iPhone X.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com